Sudah tidak layak konsumsi
Jakarta (ANTARA) - Petugas Satuan Pelaksana Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur menemukan cacing hati pada tiga ekor sapi kurban di wilayah tersebut.

Penyuluh Peternakan Satpel KPKP Kecamatan Pasar Rebo, Suneb Sacapraja di Jakarta, Senin, mengatakan, temuan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan setelah pemotongan (post mortem) hewan kurban, pada Minggu (10/7).

"Ditemukan cacing hati pada sapi sebanyak​ tiga ekor dan hatinya dimusnahkan. Sudah tidak layak konsumsi," kata Suneb.

Suneb menambahkan, pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan organ hewan kurban seperti jantung, hati, paru, limpa, ginjal yang dibagikan ke masyarakat layak konsumsi.

Baca juga: Ini kata Anies terkait penanganan PMK di Ibu Kota

Satpel KPKP Kecamatan Pasar Rebo juga melakukan pemeriksaan sebelum hewan disembelih (ante mortem) untuk memastikan hewan kurban tidak terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Untuk PMK aman (tidak ada hewan terpapar)," ujar Suneb.

Sebelumnya Sudin KPKP Jakarta Timur mengerahkan sebanyak 181 petugas gabungan untuk melakukan pemeriksaan "post mortem" hewan kurban di tempat-tempat pemotongan pada Idul Adha 1443 Hijriah.

Petugas tersebut berasal Sudin KPKP Jakarta Timur, Dinas KPKP DKI Jakarta, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan mahasiswa IPB.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta terima pasokan 58.010 hewan ternak

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022