Jakarta (ANTARA) - Beberapa pengguna iPad mini 6 mengeluh tentang perangkat yang tidak mengisi daya setelah pembaruan sistem operasi ke iPadOS 15.5.

Tak lama setelah keluhan tersebut beredar, Apple disebut telah mengakui masalah tersebut, menurut catatan yang dikirim ke penyedia layanan resmi.

Baca juga: iPad, tablet terlaris di dunia awal 2022

Dalam laporan Indian Express yang dirilis pada Minggu (10/7), Apple mengatakan bahwa mereka mengetahui pengguna menghadapi masalah pengisian daya setelah memperbarui ke iPadOS 15.5.

Perusahaan menyarankan staf layanan dan ritel untuk meminta pelanggan memulai ulang (restart) perangkat mereka sebagai solusi tentatif, sementara perusahaan menyelidiki masalah terkait.

Apple juga mencatat bahwa ini murni masalah perangkat lunak. Perusahaan juga menyebutkan bahwa penggantian baterai iPad atau komponen lain tidak akan menyelesaikan masalah tersebut.

Baca juga: Apple luncurkan iPad Mini 6, layar lebih lebar dengan chip A15 Bionic

Lebih lanjut, Apple saat ini sedang menguji iPadOS 15.6 beta, yang mungkin dapat memecahkan masalah terkait pengisian daya itu.

Sebagai informasi, iPad mini 6 diluncurkan pada September 2021. Tablet dengan bentuk lebih kecil dari pendahulunya ini ditenagai oleh chip bionik A15 dengan CPU 6-core, GPU 5-core, dan Neural Engine 16-core. Liquid Retina Display 8,3 inci miliknya memiliki resolusi 2266x1488, memberikan kerapatan layar (display density) 326 piksel per inci.

Pada bulan Juni tahun ini, Apple telah mengeluarkan pernyataan yang ditujukan kepada pengguna yang mengeluh tentang iPhone dan iPod mereka yang tidak dapat diisi, dan apa yang harus dilakukan pengguna dalam skenario seperti itu.

Perusahaan mengatakan bahwa perangkat dirancang untuk berhenti mengisi daya hingga 80 persen jika ponsel mendeteksi bahwa baterainya terlalu panas.

Pada tahun 2018, pengguna Apple telah melaporkan masalah serupa dengan iPhone XS dan iPhone XS Max setelah memperbarui ke iOS 12. Pengguna mengeluh tentang bagaimana beberapa perangkat menjadi tidak responsif ketika pengisi daya dicolokkan.

Saat itu, AppleInsider juga telah melaporkan masalah serupa di beberapa iPhone 7 dan iPad Pro generasi pertama.


Baca juga: iPad mini akan hadir di kuartal ketiga 2021

Baca juga: Apple sedang buat iPad Pro charger nirkabel

Baca juga: Apple luncurkan iPad Pro terbaru

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022