Saya minta petugas haji Makkah untuk siaga di pemondokan, dan bersiap sambut jamaah,
Mekkah (ANTARA) - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta petugas haji untuk siaga di hotel tempat pemondokan jamaah dan bersiap menyambut jamaah yang telah selesai melaksanakan nafar awal.

"Saya minta petugas haji Makkah untuk siaga di pemondokan, dan bersiap sambut jamaah," kata Menag di Mekkah, Arab, Senin.

Jadwal lontar jumrah jamaah haji Indonesia pada Senin (11/7) ini dimulai sejak pukul 06.00 sampai selesai. Biasanya, jamaah yang mengambil nafar awal, usai melontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah, langsung kembali ke hotel, terutama yang tinggal di kawasan dekat Jamarat, seperti Raudhah dan Syisyah.

Nafar Awal adalah jamaah yang mengambil pilihan untuk keluar dari Mina pada 12 Zulhijah sebelum terbenamnya matahari. Bagi jamaah yang akan tetap menginap sampai 13 Zulhijah, disebut Nafar Tsani.

Menag berpesan kepada seluruh petugas untuk tetap berkomitmen melayani jamaah dan siap menyambut di Mekkah.

Seperti terlihat jamaah haji dari SUB 3 di Mina, mereka bersiap kembali ke pemondokan. Tampak jamaah bersama barang bawaan mereka sedang menanti bus yang akan membawa mereka ke hotel.

Mereka akan menjalani tawaf ifadah di Masjidil Haram sebagai salah satu rukun haji sehingga setelah selesai maka selesailah rangkain ibadah haji 1443 H/2022 M.


Baca juga: 70 Persen Jamaah Indonesia Tempuh "Nafar Awal"

Baca juga: Sebagian jamaah haji bertahalul awal usai melontar jumrah

Baca juga: Lebih dari separuh jamaah haji Indonesia segera tinggalkan tenda Mina

Baca juga: Sebagian jamaah haji memilih pulang ke pemondokan saat lontar jumrah

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022