Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menyatakan jamaah haji dari daerah tersebut yang saat ini berada di Mekkah, Arab Saudi, dalam kondisi sehat kendati cuaca ekstrem atau sangat panas.

"Informasi yang kami terima langsung dari Tanah Suci melalui petugas yang melaporkan 58 jamaah haji sehat dan ibadah berjalan lancar sesuai jadwal," ujar Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara Nasruddin di Penajam, Senin.

Kendati cuaca sangat panas, katanya, dipastikan jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara di Tanah Suci dalam keadaan sehat, merasa nyaman, dan beraktivitas dengan lancar setiap waktu.

Baca juga: 36 haji meninggal dunia di Tanah Suci

Ia menyebut p​​elayanan yang diberikan kepada jamaah haji memuaskan sehingga mereka juga merasa senang.
 
Jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara yang terdiri atas 23 laki-laki dan 35 perempuan tersebut diberangkatkan ke Mekkah, Arab Saudi untuk menunaikan rukun Islam kelima pada 22 Juni 2022. Mereka diberangkatkan dari asrama haji di Embarkasi Balikpapan tergabung dalam kloter (kelompok terbang) 1.

Rombongan haji Kabupaten Penajam Paser Utara dijadwalkan tiba kembali di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan pada 4 Agustus 2022, selanjutnya dibawa ke Asrama Haji Batakan, Kota Balikpapan untuk pemeriksaan dan pengambilan barang terlebih dahulu.

Jamaah haji selanjutnya diberangkatkan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara.

Baca juga: Strategi mitigasi disesuaikan situasi COVID-19 saat kepulangan haji
Baca juga: Menag minta petugas siaga di pemondokan sambut jamaah haji
Baca juga: Jamaah puas dengan layanan haji khusus

Pewarta: Novi Abdi/Bagus Purwa
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022