Solo (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan 130 bus untuk transportasi para atlet selama event olahraga disabilitas ASEAN Para Games XI 2022 di Kota Solo Jawa Tengah, pada 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang.

"Kedatangan kami ke Terminal Tirtonadi Solo melakukan pengecekan persiapan transportasi untuk acara ASEAN Para Games (APG) XI 2022," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, Hendro Sugiatno, dalam kunjungan kerja pengecekan persiapan transportasi APG 2022, di Terminal Tirtonadi Solo, Senin.

Hendro Sugiatno berharap dengan sebanyak 130 kendaraan yang disiapkan, transportasi untuk semua atlet bisa tercukupi dan berjalan dengan baik dalam APG nanti.

Dirjen menjelaskan pihaknya mulai menyiapkan 130 kendaraan bus untuk transportasi atlet APG pada tanggal 23 Juli hingga 7 Agustus. Semua sudah dihitung dan armada bus bisa mencukupi jumlah atlet ketika datang ke Solo pada event pertandingan APG yang mempertandingkan 14 cabang olahraga itu.

Baca juga: INASPOC siapkan 65 bus transportasi atlet-ofisial APG di Solo

Dirjen mengatakan kendaraan yang disiapkan semuanya ramah dengan disabilitas. Tadi sudah dicek, contoh minibus untuk atlet kursi roda yang kemudian disempurnakan lagi setelah ada masukan dari atlet disabilitas.

Bus untuk transportasi atlet sudah disiapkan untuk disabilitas khusus kursi roda ada 65 armada minibus dan masing-masing kendaraan dapat berisi untuk empat atlet. Sedangkan, 65 kendaraan bus lainnya untuk disabilitas non kursi roda.

Dia mengatakan penjemputan diawali dari Bandara Adi Soemarmo menuju hotel masing-masing, kemudian ke acara seremonial pembukaan, ke arena pertandingan dan acara penutupan. Semuanya disiapkan untuk mendukung atlet APG dan mensukseskan APG XI 2022 di Solo.

Masyarakat Solo juga mendukung kegiatan APG dan bangga dengan Indonesia menjadi tuan rumah yang ramah disabilitas.

Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno setelah mengecek arena Tirtonadi Convention Hall yang digunakan cabang judo kemudian meninjau akses untuk atlet kursi roda saat naik turun dari bus di Terminal Tirtonadi Solo.

Baca juga: Penyelenggara ASEAN Para Games 2022 buka pendaftaran sukarelawan

Sekjen Indonesia ASEAN Para Games Organizing Commitee (INASPOC) Rima Ferdianto mengatakan transportasi yang disiapkan oleh Kemenhub ada 65 bus dan 65 kendaraan Hiace ramah disabilitas. Setiap mobil Hiace bisa memuat empat atlet kursi roda.

Soal transportasi APG nanti ada dukungan lagi dari Dinas Perhubungan Surakarta. Dari Kemenhub pada tanggal 22 hingga 23 Juli sudah siap tiba semua di Solo.

Rima mengatakan INASPOC sudah mendapatkan data dari kontingen negara peserta di Asia Tenggara yang bakal hadir pada APG XI di Solo. Namun, sebaiknya memang mendapatkan bantuan dari Dirjen Perhubungan Udara untuk bisa memberikan ekstra flight dari Jakarta ke Solo.

Peserta kontingen APG dari luar negeri akan datang di Solo melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, mulai tanggal 26 dan 27 Juli mendatang. Para atlet APG setiba di bandara langsung dibagi ke hotel masing-masing sesuai cabang olahraga yang diikuti. Jadi peserta setiba di bandara langsung dibagi sesuai cabang olahraga bukan bersama dengan negaranya.

"Para atlet dan ofisial turun dari pesawat di bandara langsung di tes usap antigen dahulu, kemudian diantar ke hotel masing-masing sesuai cabang olahraganya," kata Rima. ***3***

Baca juga: INASPOC: 1.800 peserta APG mulai tiba di Solo pada 26 Juli
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022