Tangerang (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang Banten menyebutkan per tanggal 10 Juli 2022 sebanyak 20.802 ekor hewan kurban yang dipotong di 1.645 lokasi.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Senin, mengatakan jumlah hewan kurban yang disembelih tahun ini alami peningkatan.

Pada 2021 jumlah hewan kurban yang disembelih 19.139 ekor di 1.455 titik pemotongan hewan. "Terima kasih kepada masyarakat yang sudah mau berkurban dan berbagi kepada yang berhak menerima," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang Senin.

Wali Kota menjelaskan peningkatan jumlah hewan kurban pada momen Idul Adha 2022, juga dipicu dari baiknya penanganan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan juga Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Baca juga: Pemprov DKI gandeng restoran olah daging kurban jadi menu siap santap

Baca juga: Pemkot Jaksel temukan cacing pita dan pneomonia pada 440 hewan kurban


Penanganan yang cepat terkait PMK, kata Arief, secara tidak langsung akan mendorong rasa aman dari masyarakat untuk membeli hewan kurban.

"Selain Itu, menandakan kondisi ekonomi dan kesadaran umat Muslim untuk berkurban juga mengalami peningkatan," katanya.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang tetap patuh terhadap protokol kesehatan selama pelaksanaan solat hingga pemotongan kurban.

“Alhamdulillah, antusiasmenya besar sekali, karena masyarakat tentu rindu dengan momen Lebaran bersama,” katanya.

Pada pelaksanaan Ibadah Kurban tahun ini Masjid Raya Al A-Azhom menerima 29 hewan kurban, berupa 17 ekor Sapi dan 12 ekor Kambing/Domba yang merupakan sumbangan dari jamaah masjid.

“Pelaksanaan pemotongan kurban dilakukan oleh tim dari panitia kurban DKM yang tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan virus PMK,” katanya.*

Baca juga: Wali Kota Medan ingatkan daging kurban dibagikan ke keluarga stunting

Baca juga: Sudin KPKP Jakpus musnahkan hati sapi kurban tak layak konsumsi

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022