Kecepatan di mana jalan ini terbentang perlu diseimbangkan dengan hati-hati terhadap keadaan ekonomi dan pasar keuangan
Washington (ANTARA) - Perubahan mendadak suku bunga dana federal dapat menekan ekonomi dan pasar keuangan, sementara kenaikan yang stabil dan terkomunikasikan dengan baik lebih disukai mengingat ketidakpastian tentang seberapa keras dan cepat kenaikan suku bunga akan memukul pengeluaran bisnis dan rumah tangga, Presiden The Fed Kansas City Esther George mengatakan Senin (11/7/2022).

Dengan inflasi yang mencapai level tertinggi 40 tahun, "kasus untuk terus menghapus akomodasi kebijakan sudah jelas," kata George dalam sambutannya yang disiapkan untuk disampaikan ke konferensi manajemen tenaga kerja di Missouri.

Tapi "kecepatan di mana suku bunga harus naik ... adalah pertanyaan terbuka," katanya dalam sambutan yang dibuat ketika beberapa rekannya telah mendukung kenaikan tiga perempat poin kedua berturut-turut pada pertemuan The Fed Juli mendatang.

George tidak setuju dengan peningkatan sebesar itu pada Juni, lebih memilih kenaikan setengah poin yang diharapkan publik sampai akhir pekan sebelum pertemuan.

"Kecepatan di mana jalan ini terbentang perlu diseimbangkan dengan hati-hati terhadap keadaan ekonomi dan pasar keuangan," kata George yang merupakan peringatan paling blak-blakan dari pembuat kebijakan bahwa bank sentral mungkin berisiko berlebihan.

The Fed sejak Maret telah menaikkan suku bunga untuk mencoba mengekang inflasi dan dalam waktu tiga pertemuan telah bergerak dalam seperempat poin, kemudian setengah poin, kemudian tiga perempat poin. Ini telah memicu perubahan cepat dalam kondisi keuangan yang terlihat pada suku bunga hipotek rumah yang lebih tinggi dan penataan kembali pasar keuangan obligasi dan saham.

"Ini sudah merupakan laju kenaikan suku bunga yang cepat secara historis bagi rumah tangga dan bisnis untuk beradaptasi, dan perubahan suku bunga yang lebih mendadak dapat menciptakan ketegangan, baik di ekonomi atau pasar keuangan," kata George.

Baca juga: Presiden Fed Kansas City perkirakan suku bunga dekati 2 persen Agustus

"Mengkomunikasikan jalur untuk suku bunga kemungkinan jauh lebih penting daripada kecepatan kita sampai di sana," kata George. Ia mengisyaratkan kecenderungan menentang kenaikan tiga perempat poin lagi ketika The Fed bertemu pada Juli.

Pasar keuangan saat ini mengharapkan peningkatan yang lebih besar. Tetapi banyak investor dan ekonom juga telah menandai peningkatan risiko bank sentral dapat menaikkan suku bunga begitu tinggi sehingga memicu resesi.

George mengatakan dia merasa "luar biasa" debat resesi telah muncul "hanya empat bulan" setelah The Fed mulai menaikkan suku bunga, dengan beberapa analis bahkan memperkirakan The Fed perlu mulai memotong suku bunga dana federal tahun depan, mungkin karena perlambatan ekonomi.

The Fed berada pada titik sensitif dalam pertarungan inflasi. Data berita utama tidak memberikan bukti yang jelas bahwa pertempuran telah dimenangkan. Data yang akan dirilis Rabu (13/7/2022) diperkirakan menunjukkan harga konsumen naik pada tingkat tahunan 8,8 persen, tercepat sejak akhir 1981, dan survei pasar kerja baru-baru ini menunjukkan perekrutan yang kuat dan jumlah lowongan pekerjaan yang secara historis terlalu besar.

Dalam sebuah survei yang dirilis Senin (11/7/2022), The Fed New York mengatakan bahwa ekspektasi konsumen untuk inflasi selama tahun depan mencapai serangkaian tertinggi 6,8 persen.

Baca juga: Dolar melemah, pasar pertimbangkan kembali taruhan atas suku bunga Fed

Namun selama periode 3 tahun ekspektasi inflasi rumah tangga turun dalam survei terbaru dari 3,9 persen menjadi 3,6 persesen - masih jauh di atas target 2,0 persen The Fed, tetapi bergerak ke arah yang benar.

Data ekonomi baru-baru ini juga menunjukkan pengeluaran konsumsi turun berdasarkan penyesuaian inflasi, dan kenaikan upah yang sangat besar dari era pandemi mulai moderat.

Pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan mungkin berakhir negatif untuk periode April hingga Juni, seperti halnya untuk tiga bulan pertama tahun ini, kemungkinan yang dapat menambah peringatan resesi.

Baca juga: Suku bunga Fed harus naik lebih cepat dari setelah Resesi Hebat

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022