Tanggal 13 Juli 2022 sudah dilakukan penimbangan barang. Jadi penimbangan koper bagasi jamaah haji dilakukan 2x24 jam sebelum keberangkatan jamaah haji ke Tanah Air atau ke Madinah bagi gelombang kedua
Mekkah (ANTARA) - Kepala Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah Kerja (PPIH Daker) Mekkah Mukhammad Khanif menyatakan jamaah haji kloter pertama akan dipulangkan ke Tanah Air mulai Jumat (15/7) 2022 dan penimbangan koper akan dilakukan dua hari sebelum keberangkatan para jamaah.

"Tanggal 13 Juli 2022 sudah dilakukan penimbangan barang. Jadi penimbangan koper bagasi jamaah haji dilakukan 2x24 jam sebelum keberangkatan jamaah haji ke Tanah Air atau ke Madinah bagi gelombang kedua," katanya di Mekkah, Arab Saudi, Selasa.

Ia mengatakan waktu keberangkatan dari Mekkah diperkirakan 6-8 jam untuk persiapan sebelum terbang ke Indonesia.

"Jadi untuk kloter awal ini yang akan diberangkatkan ke Jeddah atau diberangkatkan ke Indonesia pada tanggal 15 Juli, tanggal 13 Juli dilakukan penimbangan barang," tambahnya.

Jamaah gelombang pertama yang akan dipulangkan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah yaitu dari Embarkasi Solo (SOC 1), Embarkasi Padang (PDF 1) l, Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 1), Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 1) dan SOC 2 serta JKS 2.

Pemulangan jamaah haji dilakukan setelah seluruh rangkaian ibadah haji selesai yaitu wukuf di Arafah, pada 8 Juli, lalu ke Muzdhalifah dan mabit di Mina untuk melontar jumrah pada 10 hingga 12 Juli 2022.

Ia menambahkan bagi yang akan dipulangkan ke Indonesia pada 15 Juli 2022, disarankan untuk melakukan nafar awal karena lontar jumrah sudah selesai pada 11 Juli dan dilanjutkan dengan tawaf ifadah.

Nafar awal adalah jamaah yang mengambil pilihan untuk keluar dari Mina pada 12 Zulhijah sebelum terbenamnya matahari. Bagi jamaah yang akan tetap menginap sampai 13 Zulhijah, disebut Nafar Tsani, demikian Mukhammad Khanif .

Baca juga: Separuh jamaah haji Indonesia sudah kembali ke pemondokan

Baca juga: Empat debarkasi jadi fokus antisipasi penularan COVID-19

Baca juga: Sebagian besar jamaah haji belum bayar dam lewat jalur resmi

Baca juga: Jamaah haji meninggal bertambah menjadi 41 orang



 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022