Indeks saham di Asia sore ini mayoritas ditutup turun karena prospek pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut oleh bank-bank sentral di dunia, gelombang terbaru penularan virus COVID-19 di China...
Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa sore ditutup melemah, dipicu pengetatan moneter bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (Fed), dan gelombang baru COVID-19.

IHSG ditutup melemah 3,85 poin atau 0,06 persen ke posisi 6.718,29. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 2,71 poin atau 0,28 persen ke posisi 949,5.

"Indeks saham di Asia sore ini mayoritas ditutup turun karena prospek pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut oleh bank-bank sentral di dunia, gelombang terbaru penularan virus COVID-19 di China, serta kelangkaan energi di Eropa menekan sentimen pasar," tulis Tim Riset Phillip Sekuritas dalam ulasannya di Jakarta, Selasa.

Minggu ini, investor mengantisipasi rilis data inflasi (CPI) AS dan data pertumbuhan ekonomi (PDB) China. Investor juga menunggu komentar dari pejabat The Fed sebelum mereka memasuki masa sunyi (blackout period) menjelang pertemuan kebijakan minggu depan.

Baca juga: Dolar ke puncak tertinggi 2 dekade, saat euro jatuh terendah di Asia

Tingkat inflasi yang tinggi akan menambah tekanan pada The Fed untuk meningkatkan sikap agresif mereka dalam menaikkan suku bunga acuan.

Kenaikan suku bunga acuan yang tajam oleh The Fed dalam beberapa bulan terakhir telah mendorong apresiasi nilai tukar mata uang dolar AS pada saat nilai tukar mata uang euro berada di bawah tekanan karena bank sentral Eropa (ECB) bergerak lebih lambat dalam memperketat kebijakan moneter.

Lebih lanjut lonjakan harga energi di Eropa juga menjadi sumber kekhawatiran utama bagi investor. Nord Stream 1, jaringan pipa terbesar pembawa gas alam dari Rusia ke Jerman, memasuki masa perawatan rutin tahunan dengan aliran gas alam diprediksi akan terhenti selama 10 hari.

Sanksi atas impor minyak asal Rusia dan ancaman penghentian pasokan gas ke Eropa oleh Pemerintah Rusia telah membuat para pengamat meyakini zona Euro akan jatuh ke dalam resesi.

Baca juga: Harga minyak turun, pasar khawatir perlambatan global tekan permintaan

Bahkan jika ECB menaikkan suku bunga acuan dengan lebih cepat, langkah itu justru akan menambah tekanan pada ekonomi zona Euro.

Di kawasan Asia Pasifik, kekhawatiran investor tertuju pada semakin banyak kota di China, termasuk Shanghai, menerapkan kebijakan baru pembatasan COVID-19 mulai minggu ini untuk menekan jumlah kasus penularan baru pasca penemuan kasus yang di bawa oleh sub-varian Omicorn BA.5.

Dibuka menguat, IHSG bergerak fluktuatif sepanjang sesi pertama perdagangan saham. Pada sesi kedua, IHSG menghabiskan waktu di teritori positif, namun melemah jelang penutupan bursa saham.

Baca juga: IHSG Selasa pagi dibuka naik 10,7 poin

Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, lima sektor meningkat dengan sektor transportasi & logistik naik paling tinggi 1,75 persen, diikuti sektor energi dan sektor barang baku masing-masing naik 1,53 persen dan 1,08 persen.

Sedangkan enam sektor terkoreksi dengan sektor kesehatan turun paling dalam 0,58 persen, diikuti sektor barang konsumen non-primer dan sektor properti & real estat masing-masing turun 0,33 persen dan 0,21 persen.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 1.037.855 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,71 miliar lembar saham senilai Rp9,46 triliun. Sebanyak 273 saham naik, 220 saham menurun, dan 198 tidak bergerak nilainya.

Bursa saham regional Asia sore ini antara lain Indeks Nikkei melemah 475,64 poin atau 1,77 persen ke 26.336,66, Indeks Hang Seng turun 279,46 poin atau 1,32 persen ke 20.844,74, dan Indeks Straits Times meningkat 11,11 poin atau 0,35 persen ke 3.142,37.

Baca juga: Mirae Asset revisi skenario IHSG akhir tahun menjadi 7.400

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022