tetap memperhatikan protokol kesehatan
Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 1.496 calon mahasiswa tercatat memilih Institut Teknologi Sumatera (Itera) dalam Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat tahun 2022.
​​​​​​
"Dari total tersebut, 608 peserta menjadikan Itera sebagai pilihan pertama, dan 888 peserta menempatkan Itera sebagai pilihan kedua," kata Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan pada pelaksanaan ujian SMMPTN Barat calon mahasiswa mengikuti ujian berbasis computer based test (CBT) di Kampus Itera yang dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 1 dan 3.

"Pelaksanaan SMMPTN yang dilaksanakan sekarang tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes), kami menyediakan sebanyak 500 unit komputer yang tersebar di 18 ruangan di Gedung Laboratorium Teknik 1 dan 3," kata dia.

Baca juga: 3.700 calon mahasiswa ikut SMMPTN wilayah barat di Universitas Jambi
Baca juga: Pendaftaran mahasiswa baru jalur SMMPTN-Barat dibuka via daring

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera Dr. Eko Satria, S.Si., M.Si., menjelaskan, ujian SMMPTN Barat dilaksanakan dalam bentuk ujian tulis berbasis komputer.

"Adapun jenis ujian pada pelaksanaan SMMPTN Barat 2022 dibagi menjadi dua yaitu kelompok ujian sains dan teknologi (saintek). Serta kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum)," kata dia.

Ia juga mengatakan lima program studi (prodi) dengan jumlah pendaftar terbanyak pada SMMPTN Barat yakni Farmasi sebanyak 344 pendaftar, disusul Teknik Informatika 164, Teknik Pertambangan 126, Teknik Sipil 100, dan Teknik Biomedis 73.

"Khusus untuk jalur SMMPTN Barat, kuota mahasiswa baru yang akan diterima sebanyak 584 orang dari 39 prodi. Dan hasil seleksi SMMPTN Barat 2022 akan diumumkan pada Selasa (18/7) mulai pukul 16.00 WIB dan dapat diakses melalui laman http://pengumuman.smmptnbarat.id," katanya.

Baca juga: Kemendikbud harapkan SMM PTN-Barat berikan kesempatan siswa masuk PTN

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022