Kami mendorong kolaborasi UMKM Go Global sekaligus diaspora baik yang merupakan pekerja imigran, atau yang sudah menetap di sana. Itu menjadi target kita ke depannya
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI terus memperkuat kinerja perbankan internasionalnya dengan mengombinasikan layanan UMKM Go Global dan diaspora.

“Kami mendorong kolaborasi UMKM Go Global sekaligus diaspora baik yang merupakan pekerja imigran atau yang sudah menetap di sana. Itu menjadi target kita ke depannya,” kata Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Royke menuturkan potensi peningkatan kinerja international banking tergolong kuat karena perseroan memiliki dua segmen bisnis strategis yakni UMKM Go Global dan komunitas diaspora.

Saat ini terdapat sekitar 8 juta diaspora di luar negeri yang berpotensi dilayani oleh BNI. Dari jumlah tersebut sebanyak 4 juta diaspora merupakan pekerja imigran, sedangkan sisanya telah menjadi warga negara asing.

Royke berasumsi jika diaspora menabung sebesar 1.000 dolar AS per tahun, maka potensi dana pihak ketiga yang akan dihimpun BNI sekitar 8 miliar dolar AS.

Baca juga: BNI bantu 200 ribu diaspora di AS lakukan ekspor-impor

Selain memberdayakan diaspora, BNI juga memanfaatkan jaringan para diaspora untuk mendorong UMKM naik kelas dengan menghadirkan produk UMKM Tanah Air ke luar negeri.

Lebih lanjut Royke menyampaikan sebagai salah satu bank milik negara, BNI mendapat amanat untuk mengembangkan layanan perbankan di luar negeri. Hal tersebut tidak lepas dari keberadaan kantor cabang BNI yang sudah hadir pertama kalinya di Singapura sejak tahun 1955.

Selain itu dalam mengembangkan bisnisnya di global, BNI juga akan memanfaatkan layanan digital, baik BNI Mobile Banking untuk melayani transaksi internasional nasabah individu, BNIDirect dalam melayani solusi bisnis, dan satu lagi adalah BNI Xpora untuk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis.

BNI Xpora menawarkan beragam layanan digital yang bisa digunakan oleh pelaku UKM dari berbagai tingkatan, mulai dari yang masih merintis hingga yang siap memperluas pasar di kancah global.

“BNI Xpora dapat diakses dengan bebas oleh semua pelaku UMKM lewat domain xpora.id. Melalui portal ini, pelaku UKM bisa mengakses beragam fitur,” ujar Royke.

Baca juga: BNI gaet diaspora di Hong Kong dorong UMKM Jabar "go global"
Baca juga: BNI berhasil hubungkan diaspora Hong Kong dan UMKM ekspor di Indonesia


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022