Saya berharap ini menjadi program reguler
Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggandeng University of Cambridge atau Universitas Cambridge di Inggris dalam upaya menjajaki pembukaan kelas internasional menuju kampus berkelas dunia.

"Kerja sama ini kita awali dengan program peningkatan kemampuan Bahasa Inggris para dosen dan mahasiswa," kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa.

Rektor beserta 11 Dekan di ULM sebelumnya telah menyambangi langsung Universitas Cambridge di Inggris untuk penandatanganan perjanjian kerja sama tentang peningkatan kualitas berbahasa Inggris dosen dan mahasiswa termasuk juga kelas internasional serta pelatihan kepemimpinan.

Kemudian Universitas Cambridge membantu pengembangan UPT Bahasa ULM sebagai pusat pembelajaran dan pelatihan Bahasa Inggris untuk sekolah, perguruan tinggi dan Dinas Pendidikan di pulau Kalimantan.

Sutarto mengatakan adanya kerja sama yang mengikat dengan Universitas Cambridge diharapkan muncul komitmen seluruh dekan untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi lulusan ULM di semua program studi.

Baca juga: ULM terima hibah VR pengelolaan risiko bencana senilai Rp500 juta

Baca juga: ULM hadiri pertemuan konsorsium tentang kebencanaan di Inggris


"Para dekan saya minta membuat rencana aksi untuk kegiatan pengembangan selanjutnya usai kembali dari Inggris," tegasnya.

Rencananya pada September 2022 mendatang, perguruan tinggi negeri tertua dan terbaik di pulau Kalimantan itu mengirim sekitar 15 dosen ke Universitas Cambridge untuk mendapatkan sertifikat trainer Bahasa Inggris yang nantinya membina para mahasiswa dan juga rekan dosen lainnya di ULM.

"Kami berharap ini menjadi program reguler karena sebagai langkah strategis untuk kemajuan universitas yang kini berstatus Badan Layanan Umum (BLU) dengan akreditasi A," ujar Sutarto.

Diketahui Universitas Cambridge merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Inggris dan berdiri sejak 1209 sebagai kampus tertua kedua di Inggris.

Berada di peringkat ke-3 di dunia dengan poin 98,7 tahun 2021, universitas ini sudah langganan masuk dalam 10 universitas terbaik dunia.

Baca juga: ULM bantu Universitas Borneo Tarakan wujudkan Fakultas Kedokteran

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat gandeng BNN wujudkan kampus "Bersinar"

Pewarta: Firman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022