Jakarta (ANTARA) - Australia memetik kemenangan perdana setelah mengalahkan Yordania 78-60 dalam fase Grup A Piala FIBA Asia 2022 yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Thon Maker memborong 23 poin dan 8 rebound setelah melantai sekitar 24 menit demi menyokong kemenangan Australia, disokong Samson James Froling dengan menyumbang 16 poin dan 8 rebound.

Sementara dari kubu Yordania, motor serangan Dar Ducker mengemas 20 poin, dibantu Ahmad Al Dwairi yang meraih 10 poin.

Australia yang berstatus sebagai juara bertahan itu sudah tampil dominan sejak tepis mula. Tim asuhan Michael Kelly itu menghujani Yordania dengan delapan tripoin untuk membawa mereka unggul dengan selisih 26 poin pada babak pertama.

Pada periode berikutnya, Australia menemui kebuntuan di mana mereka hanya mencetak 8 angka pada kuarter ketiga, sedangkan Yordania meraih 19 poin demi menipiskan ketertinggalan dalam kedudukan 45-60.

Yordania terus berupaya menekan di paint area lawan, namun Australia terus bertahan hingga pertandingan berakhir dengan skor 78-60.

“Kami baru menjalani training camp bersama selama 4-5 hari ke belakang. Ini juga tim baru karena kami banyak membawa pemain-pemain muda, tapi spirit mereka berada di level yang tinggi,” kata pelatih Australia Michael Kelly dalam jumpa pers usai laga.

“Ya kami bermain dengan agresif dan sangat percaya di babak pertama sehingga kami bisa memimpin di paruh pertama demi meraih kemenangan ini,” kata pemain Australia Mitchell McCarron menimpali.

Dengan kemenangan ini, Australia berhak meraih dua poin dan memimpin klasemen sementara Grup A.

Usai laga ini, Indonesia akan mengawali fase Grup A melawan Arab Saudi.

Baca juga: Taiwan buka FIBA Asia Cup 2022 dengan kemenangan atas Bahrain
Baca juga: Jadwal lengkap FIBA Asia Cup: Indonesia awali laga hadapi Arab Saudi
Baca juga: Laga perdana Indonesia di FIBA Asia Cup sedot 3.000-an penonton


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022