Kemenkes sudah melakukan persiapan-persiapan sehingga penyelenggaraan haji akan datang jauh lebih baik lagi
Mekkah (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama yang juga Amirul Hajj, Nizar Ali mengatakan kerja super tim dari tenaga kesehatan membuahkan penurunan angka kematian dan kesakitan selama musim haji 2022.

"Ini luar biasa kerja super tim, dari tim kesehatan betul-betul sehingga bisa menekan angka kematian dan kesakitan jamaah haji," kata Nizar Ali di Mekkah, Arab Saudi, Selasa.

Nizar menambahkan, selain kerja keras dari tenaga kesehatan, keberhasilan menurunkan angka kematian jamaah haji juga tidak lepas dari konsolidasi semua pihak untuk memberikan layanan terbaik kepada jamaah haji Indonesia.

Baca juga: Keluarga diimbau tak jemput jamaah haji di bandara maupun asrama haji

"Terima kasih kepada Kemenkes yang sudah melakukan tugasnya dengan sangat baik. Ke depan tentu saya percaya Kemenkes sudah melakukan persiapan-persiapan sehingga penyelenggaraan haji akan datang jauh lebih baik lagi dengan konsolidasi dan koordinasi," katanya.

Menurut Nizar, koordinasi internal panitia haji nasional sudah sangat baik, ke depan perlu ditingkatkan lobi dengan Pemerintah Arab Saudi terkait penanganan jamaah yang dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

Nizar bersama anggota Amirul Hajj berkunjung ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja Mekkah untuk memantau pascaArmuzna (Arafah, Muzdhalifah dan Mina) untuk memastikan pelayanan kepada jamaah haji yang dirawat.

Baca juga: Petugas seksus Masjidil Haram ditambah untuk layani tawaf ifadah

Selain itu kehadiran mereka untuk memberikan motivasi kepada jamaah yang sakit agar segera sembuh dari penyakitnya.

Sampai menjelang berakhirnya fase puncak haji 1443 H/2022 M, total sebanyak 41 jamaah haji meninggal dunia, terdata 14 di antaranya meninggal saat masa puncak di Arafah, Muzdhalifah dan Mina (Armuzna).

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga hari ke-38 operasional haji di tahun 2015 misalnya, ada 380 jamaah wafat.

Sementara pada 2016, ada 149 jamaah wafat. Tiga tahun berikutnya, angka kematian pada angka 274 (2017), 154 (2018) dan 151 (2019).

Baca juga: 13 embarkasi siap sambut kedatangan jamaah haji

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022