Jakarta (ANTARA) - Bali United FC memastikan Stefano Cugurra terus mengawal tim asuhannya dalam berlatih mempersiapkan diri menghadapi Liga 1 2022/2023 yang dijadwalkan bergulir mulai 23 Juli mendatang meski tak bisa mendampingi langsung karena jarak.

Sebagaimana diketahui, pelatih yang akrab Teco itu harus absen mendampingi persiapan Bali United karena harus kembali ke Brasil untuk melanjutkan lisensi A Pro.

Asisten Pelatih Bali United Antonio Claudio, dikutip dari laman resmi klub, Selasa, mengatakan bahwa tim asisten pelatih selalu berkomunikasi dengan Teco agar program latihan dapat berjalan tepat dan sesuai.

Meskipun terpisah jarak yang sangat jauh antara Brasil dan Bali, komunikasi antara mereka berdua tetap lancar, kata Toyo, sapaan akrabnya.

Baca juga: Madura United gelar TC di "training ground" baru

Selain Toyo, masih ada beberapa asisten pelatih yang mengambil alih seluruh tugas kolektor tiga gelar juara Liga 1 itu untuk sementara waktu.

Yogie Nugraha, Muhammad Rasyid, Marcelo Pires, dan Kadek Wardana memimpin tim sesuai instruksi sang pelatih kepala sehingga ketidakhadiran Teco di sisi lapangan bukanlah penghalang berarti bagi persiapan tim.

Menurut Toyo, kemajuan teknologi sangatlah membantu proses koordinasi jarak jauh seperti ini, yakni dengan memanfaatkan aplikasi video meeting ataupun media sosial untuk mempermudah komunikasi antartim pelatih walaupun terpisah dua benua.

"Setiap hari, saya selalu berkomunikasi dengan pelatih kepala meskipun dia sedang berada di Brasil mengikuti lisensi A Pro. Namun, komunikasi tetap lancar, jadwal, dan program harian pun dari beliau semua," katanya.

Baca juga: Bali United belum agendakan uji coba jelang Liga 1

Lebih lanjut, selain mematangkan skuad jelang Liga 1 2022/2023, Serdadu Tridatu juga mempersiapkan diri untuk ajang Piala Indonesia yang direncanakan akan bergulir pada Agustus mendatang.

Melihat jadwal yang akan sangat padat, asisten pelatih yang juga tengah mengikuti lisensi A AFC itu menekankan bahwa sangat penting bagi Bali United untuk fokus berlatih demi tampil maksimal di dua kompetisi tersebut.

"Setelah AFC Cup, kami sudah satu minggu mempersiapkan tim sesuai jadwal dari pelatih kepala. Hari Senin, kami akan kembali lagi fokus mempersiapkan tim untuk menghadapi kompetisi. Kami tahu bahwa akan ada dua kompetisi, yaitu Piala Indonesia dan Liga 1," katanya.

Baca juga: Ilham Rio Fahmi siapkan fisik untuk formasi tiga bek Persija

Adapun agenda terdekat tim Bali United adalah menghadapi Persija Jakarta sebagai lawan perdana pembuka kompetisi Liga 1.

Jadwal ini baru sebatas draft perencanaan yang beredar. Kedua tim dijadwalkan bertemu pada tanggal 23 Juli mendatang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Hingga saat ini, Bali United telah dua pekan melangsungkan agenda latihan bersama sejak dimulai pada Senin (4/7) lalu.

Baca juga: PSS datangkan gelandang bertahan asal Lebanon

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022