Saya minta semua menteri fokus bekerja.
Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (12/7), mulai dari Presiden Jokowi: Mendag paling penting urus harga minyak goreng, hingga KPU gelar rakor rekapitulasi pemutakhiran data pemilih.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Presiden Jokowi: Mendag paling penting urus harga minyak goreng

Presiden Joko Widodo meminta agar para menterinya fokus bekerja, termasuk Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan harus dapat menurunkan harga minyak goreng.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp14 ribu atau di bawah Rp14 ribu. Paling penting itu, tugas dari saya itu," kata Presiden Jokowi di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Presiden: Pengganti mendiang Tjahjo Kumolo masih dalam proses

Presiden Joko Widodo menyebut penggantian posisi mendiang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, masih dalam proses.

"Belum, masih dalam proses semuanya," ujar dia, dalam keterangannya di sela kegiatan menyerahkan bantuan sosial bagi pedagang di Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Latihan "Garuda Shield" tingkatkan kemampuan dan komunikasi prajurit

Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, mengharapkan latihan bersama dengan Angkatan Darat Amerika Serikat bersandi "Garuda Shield" pada Agustus 2022 tidak hanya meningkatkan kemampuan prajurit tetapi juga dapat membangun komunikasi antar prajurit setiap negara peserta, khususnya Amerika Serikat dan Indonesia.

"Kerja sama dalam latihan 'Garuda Shield' di tingkat taktis dan teknis nanti, harus semakin mewujudkan komunikasi dan koordinasi yang sangat baik antara kedua Angkatan Darat kita," kata dia, dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Bawaslu ajak TikTok Indonesia untuk berperan sejukkan Pemilu 2024

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengajak sejumlah platform media sosial, salah satunya TikTok Indonesia, untuk mengatasi potensi munculnya berbagai konten hoaks, fitnah, hingga ujaran kebencian menjelang Pemilu 2024.

Rapat virtual bersama TikTok Indonesia, yang dikutip dari keterangan resmi, di Jakarta, Selasa, Bagja mengemukakan bahwa platform media memiliki potensi yang tinggi terpapar konten negatif tersebut.

Selengkapnya baca di sini.


KPU gelar rakor rekapitulasi pemutakhiran data pemilih

Komisi Pemilihan Umum RI menggelar rapat koordinasi rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan semester I 2022 bersama kementerian/lembaga dan partai politik.

"UU Pemilu Nomor 7 tahun 2017 mengamanatkan kepada KPU untuk melakukan kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan, yang kemudian dirumuskan oleh KPU, dilakukan setahun dua kali atau per semester," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Jakarta Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

Baca juga: Survei: Kepuasan publik kepada Presiden beri dampak stabilitas politik
Baca juga: Partai Berkarya berkomitmen memerangi korupsi

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022