Saya pikir dolar AS akan terus meningkat jika IHK AS lebih kuat dari yang diharapkan.
Singapura (ANTARA) - Euro melayang di atas paritas terhadap dolar di perdagangan Asia pada Rabu pagi, menjelang data inflasi AS dengan para pedagang mewaspadai pembacaan setinggi langit dapat memaksanya ke posisi terendah yang tidak terlihat dalam beberapa dekade.

Pasar juga mewaspadai kejutan dari bank sentral Selandia Baru (RBNZ), yang akan menetapkan kebijakan pada pukul 02.00 GMT, dengan para ekonom memperkirakan kenaikan suku bunga 50 basis poin.

Dolar Selandia Baru, yang mencapai level terendah dua tahun di 0,6097 dolar AS pada Senin (11/7/2022) dan naik tipis ke 0,6119 dolar AS pada awal perdagangan, rentan terhadap penurunan lebih lanjut jika pernyataan bank sentral lebih fokus pada risiko terhadap pertumbuhan daripada inflasi.

Baca juga: Euro "rebound" dari ambang paritas dengan dolar AS

Sementara itu, mata uang bersama turun hampir 12 persen tahun ini dan jatuh serendah 1,0005 dolar pada Selasa (12/7/2022) karena perang di tepi timur Eropa telah memicu krisis energi yang telah merusak prospek pertumbuhan benua. Terakhir dibeli 1,0030 dolar.

Para ekonom memperkirakan inflasi AS dipercepat menjadi 8,8 persen tahun-ke-tahun pada Juni, tertinggi 40 tahun, yang kemungkinan akan memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga sebagai tanggapan dan membantu dolar di pasar yang gelisah tentang suku bunga dan pertumbuhan.

"Saya pikir dolar AS akan terus meningkat jika IHK AS lebih kuat dari yang diharapkan," kata ahli strategi Commonwealth Bank of Australia Joe Capurso di Sydney. "Pasti ada peluang yang sangat bagus bahwa euro jatuh di bawah paritas malam ini."

Euro sudah jatuh di bawah paritas pada franc Swiss bulan lalu dan menggoda penurunan di bawah rata-rata pergerakan 200 hari terhadap pound.

Kelemahan dalam euro dan yen telah membuat indeks dolar AS lebih tinggi dan mencapai puncak dua dekade 108,560 minggu ini, melayang di 108,220 pada awal perdagangan pada Rabu.

Baca juga: Dolar ke puncak tertinggi 2 dekade, saat euro jatuh terendah di Asia

Yen Jepang telah terpukul tahun ini karena bank sentral Jepang (BOJ) tetap dengan kebijakan moneter ultra-longgar yang kontras dengan pengetatan di tempat lain.

Yen berada di bawah tekanan di 136,95 per dolar pada Rabu pagi setelah mencapai level terendah sejak 1998 pada Senin (11/7/2022) di 137,75.

Dolar Australia turun 0,2 persen menjadi 0,6746 dolar AS, sedikit di atas palung dua tahun 0,6712 dolar AS yang dibuat pada Selasa (12/7/2022).

Sterling juga tergelincir karena dolar yang lebih kuat dan analis melihatnya terpaut setelah pengunduran diri Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pekan lalu.

Sterling terakhir dibeli 1,1877 dolar dengan data produk domestik bruto yang akan dirilis pada pukul 06.00 GMT sebagai rintangan berikutnya, karena para pedagang memperkirakan Mei membawa pertumbuhan nol.

Delapan Konservatif berlomba-lomba untuk menggantikan Johnson.

"Kombinasi dari pertumbuhan yang lambat, utang dan inflasi yang tinggi kemungkinan akan terbukti sangat sulit bagi kepemimpinan Tory yang baru," kata ahli strategi senior Rabobank, Jane Foley.

Baca juga: Yuan anjlok 327 basis poin jadi 6,7287 terhadap dolar AS

"Sterling mungkin mengalami kekurangan arah baru sampai PM baru ada."

Won Korea Selatan sedikit menguat di perdagangan pagi setelah bank sentral menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin, sesuai dengan ekspektasi pasar.

Di Wellington, di mana bank sentral Selandia Baru memiliki kebiasaan mengejutkan pasar, investor cukup yakin kenaikan akan datang dan fokus pada nada pernyataan.

"Skenario dovish kami terdiri dari kenaikan 50 basis poin, dan pernyataan yang menekankan risiko penurunan ekonomi global," kata analis Westpac, Imre Speizer, sesuatu yang dia perkirakan dapat menjatuhkan kiwi setengah sen lebih rendah dan menekan suku bunga jangka pendek.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022