Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Edwin Syahruzad menyebutkan PT SMI telah membiayai proyek yang berkaitan dengan energi baru dan terbarukan dengan total komitmen mencapai hampir 5 juta dolar AS.

"Komitmen itu terdiri dari pembiayaan untuk teknologi energi baru dan terbarukan yang bervariasi seperti hidro, solar, angin, biomassa, dan panas bumi," katanya dalam webinar “Susainable Finance: Instruments and Management in Achieving Sustainable Development in Indonesia” yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Sebagai perusahaan yang dimandatkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan, PT SMI mendukung penuh upaya pemerintah dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dengan mengakselerasi program pembangunan nasional berkelanjutan di berbagai sektor melalui produk-produk keuangan berkelanjutan.

SMI telah menetapkan target tahunan keuangan berkelanjutan di dalam laporan rencana aksi keuangan berkelanjutan yang sesuai dengan prinsip environmental, social, and government (ESG) sebagaimana disyaratkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (PJK).

Baca juga: Waskita Sriwijaya Tol-SMI teken pinjaman investasi Rp2,9 triliun

SMI juga memobilisasi dukungan pembiayaan melalui fasilitas multilateral atau instrumen pasar modal seperti green bond, serta melalui SDG Indonesia One (SIO) sebagai platform blended finance.

"Pada platform ini kami telah berhasil memperoleh komitmen sebesar 3,3 miliar dolar AS dari para donor, filantropi, maupun lembaga keuangan bilateral/multilateral, untuk selanjutnya kami salurkan ke dalam proyek-proyek berwawasan lingkungan, antara lain sektor energi terbarukan," ujarnya.

Dalam waktu dekat PT SMI akan memperkenalkan platform Mekanisme Transisi Energi yang akan difokuskan untuk membiayai proyek-proyek transisi energi baru dan terbarukan yang lebih hijau.

"PT SMI memilih untuk mengambil tindakan untuk membantu fase transisi energi melalui pembiayaan transisi energi yang bertujuan memfasilitasi percepatan transisi energi," ucapnya.

Baca juga: Aset PT SMI capai Rp113,5 triliun per kuartal I-2022

Baca juga: Wamenkeu: Pembiayaan daerah melalui PT SMI sudah ada UU

Baca juga: PT SMI: Pinjaman PEN Daerah merupakan perluasan mandat dari Pemerintah


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022