Perolehan prestasi Edgar kali ini sebagai pengganti medali emas yang hilang di SEA Games 2021 Vietnam karena permainan yang kurang sempurna
Jakarta (ANTARA) - Atlet wushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo mempertahankan gelar juara Changquan pada Kejuaraan Dunia Wushu 2022 di Alabama, Amerika Serikat, Selasa (12/7) waktu setempat.

Edgar meraih angka tertinggi 9,53 poin demi mempertahankan gelarnya yang diraih di China pada 2019 sekaligus menebus kegagalannya ketika dia tak mampu menyumbang satu pun medali pada SEA Games 2021 di Vietnam.

Medali perak Changquan putra direbut atlet Korea Selatan Lew Ha-sung, sedangkan perunggu diamankan Roman Reva dari Ukraina.

Baca juga: Aceh raih enam medali kejuaraan wushu internasional di Malaysia

“Perolehan prestasi Edgar kali ini sebagai pengganti medali emas yang hilang di SEA Games 2021 Vietnam karena permainan yang kurang sempurna. Di Kejuaraan Dunia, Edgar bermain sangat mulus dan sempurna,” kata Manajer tim wushu Indonesia Iwan Kwok dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Selain Edgar, tim wushu Indonesia juga meraih medali perak melalui Harris Horatius yang tampil pada nomor gabungan Nanquan/Nangun putra. Medali emas nomor itu direbut Liu Zongxin dari China, sedangkan Lai Po-Wei dari Taiwan mendapat perunggu.

Sementara itu, atlet putri peraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam, Alisya Mellynar belum mampu menyumbang medali dan hanya menempati peringkat keempat nomor Taijijian.

Tim wushu Indonesia sejauh ini sudah mengantongi satu emas dan satu perak, dan berpeluang menambah perolehan medali lewat penampilan Nandira Mauriskha yang akan turun pada nomor Cangquan, Rabu waktu setempat.

Baca juga: PB WI-KBI sampaikan apresiasi ke Menpora atas dukungan di SEA Games
Baca juga: Wushu sumbang 15 medali pada SEA Games

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022