Skuad kami diisi dengan pemain yang sangat muda dan berlaga di kelompok umur
Jakarta (ANTARA) - Kapten tim India Amritpal Singh mengatakan kekalahan telak pada laga pembuka Grup D FIBA Asia Cup 2022 melawan Selandia Baru menjadi pembelajaran penting bagi pemain muda.

Dalam laga yang bergulir di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu, India kalah telak dengan skor 47-100.

"Skuad kami diisi dengan pemain yang sangat muda dan berlaga di kelompok umur. Laga pertama ini jadi pengalaman yang bagus untuk pemain muda kami dan tentunya kami akan berupaya lebih keras lagi pada dua laga selanjutnya," kata Singh usai pertandingan.

Baca juga: FIBA Asia Cup 2022: Selandia Baru perpanjang dominasi atas India

Dari 12 pemain yang diboyong ke Jakarta, Amritpal Singh adalah pemain paling berpengalaman dengan empat kali tampil pada edisi sebelumnya.

Dia memimpin barisan pemain muda yang menghuni skuad India seperti Kurshal Singh yang masih berusia 17 tahun, serta dua siswa NBA Academy Pranav Prince dan Aryan yang sama-sama berusia 19 tahun.

Dalam pertandingan pertama, Prince menjadi pemain muda yang bersinar dengan menyumbang 10 poin. Dia menjadi pemain kedua penyumbang angka terbesar India setelah Arvind Kumar Muthu Krishnan dengan 13 poin.

Asisten pelatih India Thankachan Mulackal Chacko mengatakan pertandingan ini jadi pengalaman bagus untuk pemain muda.

Baca juga: PP Perbasi salurkan bantuan sosial ke panti jompo

"Para pemain muda kami makin membaik di bawah pelatih Veselin Matic. Sayangnya, hari ini dia merasa kurang sehat. Pada dua kuarter awal, kami gagal mendapatkan banyak rebound di defense dan offense," katanya.

"Kami menantikan dua pertandingan selanjutnya. Ini bagus untuk pengalaman tim muda kami. Kami sebenarnya banyak berlatih menghadapi full court press, tapi point guard kami kurang berpengalaman dalam menangani situasi seperti itu," kata Thankachan.

India selanjutnya akan menghadapi Filipina pada Jumat (15/7) dan Lebanon pada Minggu (17/7).

Baca juga: China awali Piala FIBA Asia belum dengan kekuatan penuh

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022