Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Syiah Kuala (USK) berada di peringkat ke-11 sebagai perguruan tinggi terbaik di tingkat nasional, kata pejabat setempat.

Rektor USK Prof Marwan di Banda Aceh, Rabu, mengatakan penilaian tersebut berdasarkan publikasi daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia dari Lembaga pemeringkatan dunia Scimago Institutions Ranking (SIR).

Posisi USK ini naik dua peringkat dari tahun sebelumnya, yaitu peringkat 13 pada tahun 2021. Dalam pemeringkatan ini, sejumlah bidang keilmuan di USK juga berada di posisi yang cukup mengesankan di jajaran perguruan tinggi nasional di antaranya bidang kimia yang berada di peringkat ke-1, bidang matematika peringkat ke-1 dan bidang bahasa atau linguistik berada di peringkat ke-5.

Menurut Rektor, prestasi ini setidaknya menjelaskan upaya USK terkait penguatan institusi ini telah berada di jalur yang benar, di mana sejumlah bidang keilmuan USK mampu bersaing dengan perguruan tinggi terbaik Indonesia lainnya, sehingga berada di posisi yang cukup membanggakan.

Baca juga: Mahasiswa FISIP USK dilibatkan program kampus merdeka bersama Kemendes

Baca juga: Universitas Syiah Kuala miliki klinik kekayaan intelektual


“Alhamdulillah, pencapaian ini tidak lepas dari komitmen kuat dan kerja keras kita bersama. Ini juga bermakna, USK sudah di jalur yang benar dalam mewujudkan visi dan misinya,” kaya Rektor.

Khususnya bidang bahasa, Rektor menilai prestasi ini sangat istimewa karena selama ini riset unggulan USK lebih dominan bidang sains, sementara kajian di bidang humaniora seperti linguistik ini masih tergolong sedikit.

Di sisi lain, prestasi ini setidaknya menjelaskan, kualitas riset USK dalam bidang humaniora seperti bahasa, linguistik maupun sastra telah diakui reputasinya secara global.

“Ilmu linguistik terus berkembang, sementara kajian bidang ilmu ini masih tergolong sedikit. Karena itulah, prestasi ini menjadi motivasi USK untuk terus memperluas kajian linguistiknya,” demikian Rektor.*

Baca juga: Sebanyak 3.518 peserta SBMPTN Lulus di USK

Baca juga: Akademisi USK: Peternak mesti waspada potensi wabah pada hewan unggas


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022