Total ada 5.828 ribu, tapi yang paling banyak itu untuk loker ke Korea dan Jerman sebanyak empat ribuan
Tangerang (ANTARA) - Sedikitnya 27 perusahaan yang bergerak di sektor industri, perhotelan dan jasa tingkat nasional dan internasional membuka lowongan pada Bursa Kerja Kabupaten Tangerang, Banten, pada 19-23 Juli 2022.

"Di tahun ini kita kembali buka bursa kerja pada 19 sampai 23 Juli. Saat ini baru ada 27 perusahaan yang mendaftar dalam program bursa kerja, kemungkinan nanti jumlahnya akan bertambah lagi," kata Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati di Tangerang, Rabu.

Menurut dia, pada bursa kerja yang diselenggarakan selama lima hari itu tersedia 5.828 ribu lowongan pekerjaan. Namun, dari jumlah tersebut kuota yang paling banyak dibutuhkan untuk kerja di luar negeri seperti Korea dan Jerman yaitu sebanyak empat ribu pekerja.

Baca juga: Warga kurang mampu di Tangerang dibantu penempatan kerja

"Total ada 5.828 ribu, tapi yang paling banyak itu untuk loker ke Korea dan Jerman sebanyak empat ribuan," katanya.

Ia mengatakan bagi warga Kabupaten Tangerang yang belum mendapatkan atau tengah mencari pekerjaan untuk segera mendaftar dan memanfaatkannya bursa kerja yang akan dibuka melalui kanal YouTube Disnaker setempat.

"Jadi nanti kita membuka bursa kerja itu melalui Streeaming di YouTube Disnaker Tangerang. Nanti dari pihak perusahaan akan memaparkan apa saja kebutuhannya," ujarnya.

Baca juga: Disnaker: 20 penyandang disabilitas diterima kerja di PAN Brothers

Ia juga menjelaskan untuk para pendaftar nantinya bisa langsung log in ke aplikasi siap kerja milik Dinas Tenaga Kerjaan Kabupaten Tangerang dengan mengisi segala persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan.

"Untuk pendaftarannya nanti tinggal log in ke aplikasi siap kerja, dan bisa langsung melamar ke perusahaan yang diminati," jelasnya.

Ia mengungkapkan program dari bursa kerja ini setiap tahunnya rutin diselenggarakan yang tujuannya untuk menekan angka pengangguran di wilayah itu.

"Harapannya untuk penempatan kerja khususnya di Kabupaten Tangerang semakin tinggi dan otomatis angka pengangguran akan berkurang," kata dia.

Baca juga: Aplikasi "Tangerang Cakap Kerja" sediakan layanan pelatihan kerja

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022