Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengadakan program Santri Digitalpreneur di Kalimantan Selatan (Kalsel) dari 12-15 Juli 2022 yang diikuti santri dari 10 pesantren.

Ke-10 pesantren tersebut ialah Pondok Darul Hijrah, Pondok Pesantren (Ponpes) Walisongo Fiddarissalam, Ponpes Raudhatul Amin, Pondok Modern An-Najah Putri, Ponpes Ibnu Atha’illah, Ponpes Darul Ilmi, Ponpes Miftahul Ulum, Pondok Nurul Hijrah Jorong, Ponpes Ishlahul Aulad, dan Ponpes Darussalam

"Harapannya para santri ini sebagian besar bisa menghadirkan karya berupa konten-konten islami yang bisa menginspirasi dan menjadi produk ekonomi kreatif yang memiliki nilai tambah sehingga bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berada di Islamic Boarding School of Darul Hijrah Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, lewat keterangan resmi, Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa kegiatan ini dirancang untuk mendorong para santri di Indonesia menciptakan konten-konten digital berupa animasi maupun podcast.

Sandiaga mengharapkan pelbagai konten yang dibuat oleh para santri bisa mempromosikan potensi wisata religi di Kalsel sekaligus menjadi media baru dalam berdakwah.

"Saya ingin memotivasi para santri agar mengemas konten-kontennya secara islami yang juga disampaikan dengan penuh rasa optimisme dan membangkitkan harapan agar Indonesia segera bangkit dari tekanan ekonomi yang luar biasa pascapandemi ini," ungkap dia.

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf juga meresmikan Wisma Darul Hijrah yang diharapkan dapat mendukung berkembangnya wisata religi di Kalsel.

“Semoga para santriwan dan santriwati khususnya di Islamic Boarding School of Darul Hijrah bisa menghadirkan konten-konten digital yang unik dan menarik lewat program Santri Digitalpreneur,” ucapnya.

Pelatihan ini dihadiri Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf, Syaifullah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel Najwan Noor, dan Pimpinan Islamic Boarding School of Darul Hijrah, Zarkasyi Hasbi.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno dorong para santri jadi YouTuber

Baca juga: Sandiaga: 90 persen wisatawan ke Bali tertarik wisata ramah lingkungan


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022