Beliau wafat setelah menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan dikuburkan di Sharaya,
Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Kloter 5 Embarkasi Batam Syamsuatir mengatakan jamaah haji atas nama Tuongku Rasai Marusin Jali (63) asal Kabupaten Kampar, Riau, meninggal di Rumah Sakit An Nur Arab Saudi pada Rabu pukul 12.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Ketua Kloter 5 BTH Syamsuatir melaporkan kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Riau melalui aplikasi pesan seperti disampaikan Tim Inmas Kemenag Riau, Rabu.

"Innalilahi wa innailaihi rojiun, telah meninggal dunia seorang jamaah haji Kloter 5 BTH atas nama Tuongku Rasai Marusin Jali beralamat di Kecamatan Tambang dengan nomor porsi 0400081871, meninggal siang ini di RSAS An Nur Arab Saudi Pukul 12.00 WAS," demikian disampaikan Syamsuatir.

Baca juga: Satu lagi calhaj Riau meninggal di RS King Faishal Syisyah

Menurut Ketua Kloter Syamsuatir yang didampingi dokter kloter Febrinawati dan paramedic Bustami serta Istrinya Sariado mengatakan bahwa jamaah tersebut meninggal karena komplikasi dan diabetes.

"Sampai kemarin beliau masih bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji mulai dari Wukuf di Padang Arafah, mabid di Musdalifah bahkan untuk melontar jumrah. Beliau sengaja mengambil nafar tsani dengan semangat yang tinggi," katanya.

Ia menyebutkan tidak ada tanda apa-apa yang dilihat, bahkan sore kemarin Tuongku masih tampak segar dan menurut pengakuan istrinya, Tuongku sengaja meminta untuk difotokan sebagai kenang-kenangan untuk anak-anaknya.

"Tadi malam beliau langsung drop dan kami langsung merujuk. Beliau wafat setelah menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan dikuburkan di Sharaya," kata Syamsuatir.

Baca juga: Seorang calon haji dari Riau meninggal dunia di Mekkah

Dr. H. Mahyudin, MA selaku Wakil Ketua I PPIH EHA Riau yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau mengetahui informasi tersebut menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya jamaah haji pada kloter 5 BTH tersebut.

"Atas nama PPIH Embarkasi Haji Antara Riau, saya mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya jamaah haji atas nama Tuongku Rasai Marusin Jali berasal dari Kabupaten Kampar. Semoga Almarhum ditempatkan bersama orang-orang beriman, keluarga yang ditinggalkan tabah menghadapinya," katanya.

Khusus istri beliau yang mendampingi untuk tabah dalam ujian tersebut, kepada petugas kloter saya minta untuk dapat menyelesaikan penyelenggaraan jenazahnya.

Baca juga: 2.312 jamaah haji Riau sudah diberangkatkan ke Tanah Sucii

Hingga Rabu ini sudah 3 haji Provinsi Riau yang meninggal dunia di Arab Saudi, yaitu:

Norlius Ilyas Bin Intan Kayo jamaah dengan nomor porsi 400079679 asal Kabupaten Pelalawan meninggal pada tanggal 29 Juni 2022 di RS Arab Saudi karena sakit bawaan yakni diabetes.

Nursiah Darwis Cimpin (60Th) pemegang nomor porsi 0400080120 asal Kabupaten Kampar meninggal pada 5 Juli 2022 pukul 09.45 WAS di RS King Faishal Syisyah Arab Saudi karena Diabetes Millitus dan jantung.

Tuongku Rasai Marusin Jali (63) pemegang nomor porsi 0400081871 asal Kabupaten Kampar meninggal pada 12 Juli 2022 Pukul 12.00 WAS di RSAS An Nur karena komplikasi. 

Baca juga: Enam kloter jamaah haji pulang perdana ke Tanah Air pada 15 Juli
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022