Jakarta (ANTARA) - Lima berita politik pada Rabu (13/7) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, yakni peneliti yang sebut masyarakat tidak menghendaki banyak partai politik hingga Wapres Ma'ruf Amin kembali dari Tanah Suci.

Klik di sini untuk berita selengkapnya

1. Siti Zuhro: Orang Indonesia tidak menghendaki banyak partai

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro mengatakan masyarakat Indonesia tidak menginginkan banyak partai politik pada Pemilu Serentak 2024.

Masyarakat justru mengharapkan partai politik yang benar-benar memperjuangkan kepentingan dan aspirasi rakyat, kata Siti di Jakarta, Selasa malam (12/7).

Selengkapnya di sini

2. Wapres tiba di Tanah Air usai laksanakan ibadah haji

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta istri Wury Estu Handayani tiba di Indonesia, Rabu, usai menunaikan ibadah haji selama sepekan.

Berdasarkan informasi yang diterima di Jakarta, Rabu, setelah menempuh penerbangan selama sekitar 10 jam, pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300 ER yang membawa Wapres tiba di Terminal 3 VVIP Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pukul 06.05 WIB.

Selengkapnya di sini

3. Gebse: DOB bagi Papua Selatan terwujud setelah perjuangan 20 tahun

Mantan Bupati Merauke Marine John Gluba Gebse bersyukur terwujudnya Papua Selatan sebagai daerah otonomi baru (DOB) setelah masyarakat setempat berjuang selama 20 tahun.

Seluruh masyarakat di selatan Papua, kata Marine John Gluba Gebse, antusias menyambut pembentukan provinsi tersebut.

"Dengan terbentuknya Provinsi Papua Selatan, hak-hak masyarakat benar-benar diwujudkan dan jangan basa-basi," kata Gluba Gebse kepada ANTARA di Jayapura, Rabu.

Selengkapnya di sini

4. KSP minta Sumut segera selesaikan konflik agraria di dua desa

Kantor Staf Presiden (KSP) meminta Pemerintah Provinsi Sumatra Utara segera menyelesaikan konflik agraria di Desa Sei Mencirim, Kecamatan Kutalimbaru, dan Desa Simalingkar, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

"Begitu Gubernur Sumatra Utara siap melaksanakan kesepakatan bersama, KSP bersama Kementerian ATR/BPN, Kementerian BUMN, PTPN III Holding, dan PTPN II siap mendukung proses eksekusi di lapangan sesuai arahan Presiden Jokowi. Oleh karenanya, KSP berharap Pemda bisa bekerja sama menyelesaikan konflik tanah di Desa Simalingkar dan Sei Mencirim," kata Deputi II KSP Abetnego Tarigan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

5. Mendagri minta Gerakan PKK ajak masyarakat vaksin booster

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) memberikan atensi atas kenaikan kasus COVID-19 dan mengajak masyarakat untuk vaksinasi booster.

“Strategi cuma dua saja, satu adalah memakai masker dan kedua mempercepat vaksinasi booster. Masker untuk mencegah penularan sehingga harus dikampanyekan dan dibagikan, sedangkan yang kedua adalah percepatan vaksinasi booster,” kata Mendagri di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jakarta Rabu.

Selengkapnya di sini

Baca juga: Rapat evaluasi puncak haji catat sejumlah hal yang harus diperbaiki

Baca juga: Jumlah partai politik Indonesia harus dibatasi



 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022