Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) Tentara Nasional Indonesia-Polri tahun 2022 sekaligus melantik 754 perwira remaja dari matra TNI dan Kepolisian.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," kata Presiden Joko Widodo mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden Jokowi itu terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 292 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 107 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 109 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 246 orang. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 44/TNI Tahun 2022 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 46/Polri Tahun 2022.

"Khusus TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Sumpah Prajurit dan Sapta Marga. Khusus Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Tri Brata dan Catur Prasetya," ungkap Presiden masih mendiktekan sumpah perwira.

Baca juga: KSAD wisuda 287 taruna Akademi Militer

"Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan membangun karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa," tambah Presiden.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Marsda Tonny Harjono turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Letnan Dua Rafi Naufal Arfiansyah (dari Akmil), Letnan Dua Pelaut Elang Triasti Fitrananda (dari AAL), Letnan Dua Penerbang Jeremia Zopi Pramudya (dari AAU) dan Inspektur Polisi Dua Adira Rizki Nugroho (dari Akpol).

Hadir dalam acara tersebut sejumlah undangan terbatas di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Selain itu, hadir pula Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abrurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman serta pejabat terkait lainnya.

Baca juga: Kasal ingatkan taruna TNI AL berikan pengabdian terbaik bagi negara

Baca juga: Kapolri: Taruna Polri harus siap ditugaskan di mana saja

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022