Tentu melalui berbagai pertimbangan
Makassar (ANTARA) - Menteri Pengajian (Pendidikan) Malaysia Datuk Seri Dr Noraini binti Ahmad akan menerima penganugerahan gelar doktor kehormatan (honoris causa) dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Makassar, Jumat (15/7).

Rektor UMI Prof Dr Basri Modding di Makassar, Kamis, mengatakan pemberian gelar kehormatan kepada Datok Seri Dr Noraini merupakan penganugerahan keempat UMI kepada tokoh yang dianggap memiliki peran penting dalam masyarakat.

"Pertama kita berikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada 2018, Kedua Wakil Presiden Prof Dr (HC) KH Ma'ruf Amin pada 2020, Ketiga Rektor University Kebangsaan Malaysia Prof Mohd Ekhwan pada 2021. Insyaallah, besok penganugerahan doktor yang ke empat kepada Datok Seri Dr Noraini," katanya.

Ia menjelaskan, pemberian gelar oleh UMI kepada seseorang tokoh tidak sembarangan.

"Tentu melalui berbagai pertimbangan tentang sejauh mana kontribusi dari sosok atau kandidat itu memberikan pengaruh khususnya dalam sektor pendidikan," katanya.

Selain itu, kata dia, pemberian gelar kehormatan kepada Menteri Pendidikan Malaysia juga atas usulan dari lembaga masyarakat Sulsel dan Pengurus Pusat Badan kerjasama Indonesia Malaysia.

"Datok Seri Dr Noraini telah menyelesaikan pendidikannya di berbagai kampus ternama di Malaysia dan Kanada, bahkan menjadi salah satu wanita yang terpilih dalam ajang penghargaan perempuan di London. Jadi kami tidak memberikan gelar kepada sembarang orang," ujarnya.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin terima gelar Doktor Kehormatan dari UMI Makassar

Baca juga: Rektor UKM Malaysia terima Doktor Honoris Causa dari UMI Makassar


Ketua APTISI ini menjelaskan, selain pemberian gelar, Datok Seri Noraini juga akan menjadi narasumber dalam pertemuan
Rektor UMI Prof Dr Basri Modding didampingi para Wakil Rektor memberikan keterangan terkait rencana pemberian gelar honoris causa kepada Menteri Pendidikan Malaysia di Makassar, Kamis,(14/7/2022).ANTARA/Abd Kadir
masyarakat Sulsel di Auditorium Al-Jibra UMI Makassar.

"Ibu Menteri menjadi pembicara kunci dalam pertemuan masyarakat Sulawesi Selatan se-dunia yang dimana UMI sebagai pelopor pelaksanaan. Saya hari ini akan menjemput langsung ke Jakarta,” katanya.

Baca juga: Universitas Muslim Indonesia gelar haul pertama sejak 67 tahun berdiri

Baca juga: UMI Makassar gelar pelatihan pendampingan proses produksi halal


 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022