Jakarta (ANTARA) - Badan regulator perbankan dan asuransi tertinggi China pada Senin (11/7) mengeluarkan surat edaran yang mendesak upaya untuk melanjutkan pertumbuhan pesat pinjaman jangka menengah dan jangka panjang bagi sektor manufaktur.

Institusi perbankan dan asuransi harus mengoptimalkan alokasi sumber daya dan meningkatkan layanan guna mendukung sektor manufaktur, menurut surat edaran yang dirilis oleh Komisi Regulasi Perbankan dan Asuransi China.

Surat edaran tersebut mengatakan bahwa bank harus menopang dukungan finansial dan berinovasi untuk mengembangkan berbagai produk dan layanan di bidang-bidang utama, seperti manufaktur modern, industri baru yang strategis, serta transformasi dan peningkatan industri tradisional.

Pihak bank harus secara aktif dan terus-menerus mengembangkan layanan rantai pasokan keuangan guna mendukung perusahaan hulu dan hilir, sementara perusahaan asuransi harus menyempurnakan layanan perlindungan risiko bagi perusahaan manufaktur dan layanan asuransi bidang iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi), katanya.

Bank juga diminta untuk fokus pada mata rantai yang lemah dalam industri manufaktur dan menerapkan kebijakan dukungan finansial saat ini dengan baik dengan memperpanjang jangka waktu pembayaran pinjaman yang ditangguhkan untuk usaha dan perusahaan skala lebih kecil yang terdampak pandemi.

Surat edaran tersebut juga menekankan pentingnya meningkatkan pengendalian internal dan manajemen risiko yang komprehensif di lembaga perbankan dan asuransi, mendesak bank untuk menangani kredit bermasalah yang diberikan kepada perusahaan manufaktur dengan lebih baik lagi, dan mendesak perusahaan asuransi untuk meningkatkan manajemen risiko solvabilitas.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022