Kita tahu selama bertahun-tahun Indonesia ingin memanfaatkan potensi ekonomi untuk kemakmuran rakyat. Sangat penting untuk membangun infrastruktur
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyatakan berbagai potensi ekonomi yang dimiliki Indonesia harus mampu dimanfaatkan demi kemakmuran rakyat yang salah satunya dapat terwujud melalui pembangunan infrastruktur.

“Kita tahu selama bertahun-tahun Indonesia ingin memanfaatkan potensi ekonomi untuk kemakmuran rakyat. Sangat penting untuk membangun infrastruktur,” katanya dalam B20-G20 Dialogue bertajuk Finance and Infrastructure Task Force di Jakarta, Kamis.

Suahasil menuturkan Indonesia mulai membangun infrastruktur dengan sangat serius dalam tujuh tahun terakhir untuk mengeksplorasi potensi Indonesia sehingga rakyat bisa makmur.

Ia mencontohkan salah satu pembangunan infrastruktur yang sedang sangat gencar dilakukan terutama pada pemerintahan Presiden Joko Widodo adalah jalan tol.

“Jalan tol sebagai salah satu gambaran keseriusan pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam membangun infrastruktur di Indonesia,” ujarnya.

Ia melanjutkan, hingga saat ini pun pemerintah masih terus gencar membangun infrastruktur dengan kebutuhan anggaran yang tidak hanya dipenuhi dari uang negara melainkan juga melibatkan berbagai pihak.

Keterlibatan berbagai pihak dalam memenuhi kebutuhan anggaran ini sangat penting mengingat biaya pembangunan infrastruktur yang sangat besar.

Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong keterlibatan pihak mulai dari sektor swasta, sektor bisnis hingga kemitraan publik dan swasta agar kemakmuran rakyat meningkat melalui pengembangan infrastruktur.

Tak hanya mendorong keterlibatan pihak swasta, pemerintah juga berperan dalam menyediakan regulasi dan struktur yang tepat untuk pembangunan infrastruktur.

Terakhir, pemerintah turut membangun infrastruktur dengan cara lebih hijau yakni melalui penandaan anggaran mitigasi dan adaptasi perubahan iklim atau climate budget tagging dalam anggaran pendapatan belanja (APBN) sejak 2016.

Baca juga: Wamenkeu apresiasi UMKM yang hasilkan produk sesuai selera global

Baca juga: Wamenkeu : APBN tahan harga energi yang naik di tengah tensi global

Baca juga: Wamenkeu: Dana Desa berhasil tingkatkan pembangunan di desa

Baca juga: Wamenkeu harap T20 hasilkan terobosan untuk biayai infrastruktur

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022