Jakarta (ANTARA) - Petugas Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan memfasilitasi kelompok ibu dalam lingkungan rukun tetangga (Dasawisma) untuk mendapatkan vaksin penguat COVID-19 atau dosis ketiga (booster).

“Ini kita memfasilitasi yang dasawisma di sini, tapi di semua puskesmas kelurahan buka, di Pejaten Barat buka, Mall Pejaten Village buka, bahkan minggu kemarin kita buka di Taman Margasatwa Ragunan”, ucap Sekretaris Camat Pasar Minggu, Rizki Noviana Purnama di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Jakarta kemarin, vaksin "booster" hingga gerai vaksinasi di JIS

Menurut Rizki, pihak kecamatan membuka gerai vaksin booster di Ragunan karena musim merupakan liburan sekolah dan memudahkan masyarakat mendapatkan vaksin COVID-19 dosis ketiga.

Rizki menuturkan jumlah masyarakat yang mengikuti vaksin booster mengalami peningkatan di pusat perbelanjaan Pejaten Village karena peraturan wajib vaksin ketiga bagi warga berkunjung ke pusat keramaian, pelaku perjalanan baik darat, laut maupun udara atau menghadiri acara dengan kapasitas lebih dari seribu orang.

“Di Pejaten Village terjadi peningkatan memang sekitar dua puluh persen, sejak dikeluarkan kebijakan itu," ujar Rizki.

Rizki menjelaskan Kecamatan Pasar Minggu juga membuka gerai vaksin booster di wilayah yang berdekatan dengan warga, seperti rukun warga (RW) atau Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) sehingga tidak ada lagi alasan jarak bagi warga untuk mendapatkan vaksin.

Baca juga: Anies nyatakan belum puas dengan capaian vaksinasi booster di Jakarta

Sementara itu, untuk mengatasi ketakutan warga mengenai efek samping vaksinasi, Rizki menyebutkan pihak kecamatan selalu mensosialisasikan dan mengedukasi warga mengenai vaksin booster dengan mendatangi masyarakat dari pintu ke pintu bekerja sama dengan tokoh masyarakat setempat.

Sebagai informasi, Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui akun resmi instagram mengajak anggota dasawisma dan masyarakat umum untuk mendatangi tempat vaksinasi terdekat atau 44 kecamatan di seluruh wilayah DKI Jakarta untuk mendapatkan vaksin booster

Adapun vaksin yang disediakan oleh Dinas Kesehatan adalah Pfizer, Moderna dan Sinovac, tidak hanya untuk vaksin booster, Dinas Kesehatan juga menyediakan vaksin untuk dosis 1 dan 2, untuk semua kalangan usia yang diwajibkan mendapatkan vaksin.

Baca juga: Pemkot Jakut memvaksinasi ratusan orang di Kamal Muara

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022