musim haji tahun ini ada peningkatan omset sekitar 40 persen
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pedagang oleh-oleh jamaah haji di Tanah Abang, Jakarta Pusat, mengaku ada peningkatan penjualan setelah pemerintah kembali memberangkatkan calon jamaah ke Tanah Suci karena pandemi COVID-19 mulai mereda.

Ditemui di kios kawasan Pasar Tanah Abang, Kamis, penjaga toko oleh-oleh haji Nova (29) menyampaikan adanya peningkatan penghasilan.

Baca juga: Butuh waktu dua bulan bila calhaj kirim oleh-oleh via kargo

“Dibandingkan tahun lalu, musim haji tahun ini ada peningkatan omset sekitar 40 persen Alhamdulillah sudah ada,” ujar Nova.

Senada dengan Nova, seorang pedagang oleh-oleh haji bernama Rudi (38) juga mengatakan ada peningkatan penghasilan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

"Omset ya standarlah, tidak tentu tapi Alhamdulillah ada aja (pembeli)," ucap Rudi.

Pedagang lainnya, Likin (52) juga mengungkapkan adanya peningkatan penjualan meski penghasilan harian tidak menentu, namun tetap bersyukur sebab program haji sudah mulai dibuka pemerintah usai dua tahun ditiadakan akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Jamaah calon haji Indonesia sangat terbantu oleh petugas haji

Para pedagang oleh-oleh haji ini turut berharap pemerintah dapat mengupayakan peningkatan kuota haji tahun depan, sehingga pembeli oleh-oleh haji di Tanah Abang meningkat dan mampu mendongkrak kembali roda perekonomian yang beberapa tahun belakangan terdampak krisis global akibat pandemi COVID-19.

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan kuota haji di Indonesia pada 2022 sebanyak 100.051 jamaah yang terdiri atas 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus. Keberangkatan calon jamaah haji asal Indonesia dibagi dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama pada 4-18 Juni 2022 berangkat dari Tanah Air menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah.

Gelombang kedua berlangsung dari 19 Juni hingga 3 Juli 2022. Jamaah calon haji dari Tanah Air terbang menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi.

Kemudian, sebanyak enam kloter jamaah haji gelombang I bakal dipulangkan dari Mekkah ke Tanah Air pada Jumat, 15 Juli 2022 melalui Bandara Jeddah. Kloter tersebut merupakan Embarkasi Solo (SOC 1), Padang (PDG 1), Jakarta-Bekasi (JKS 1) dan Jakarta-Pondok Gede (JKG 1). Dilanjutkan dengan kloter selanjutnya yang merupakan Embarkasi Solo (SOC 2) dan Jakarta-Bekasi (JKS 2).

Baca juga: Jamaah calon haji di Mekkah akan dilayani seluruhnya oleh bus shalawat

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022