Bagaimana ruang publik ini menjadi sebuah ekosistem. Mereka berbondong-bondong bisa datang dan melihat ini rumah kita. Jadi ada produknya, ada komunitasnya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan total pengunjung Sarinah sejak empat bulan dibuka untuk umum mencapai 5 juta orang.

"Empat bulan setelah pembukaan awal, hari ini diresmikan Presiden itu pengunjung total 5 juta. Ini kita luar biasa kaget," kata Erick saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Peresmian Transformasi Sarinah di Jakarta, Kamis.

Erick menjelaskan bahwa Sarinah yang digagas langsung oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno tersebut, kini dikunjungi oleh 40 ribu orang per hari setelah selesai direnovasi pada Maret 2022.

Menurut Erick, Sarinah sebelum dan setelah renovasi tetap memiliki jiwa yang sama, yakni wadah dan etalase untuk produk karya lokal atau pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Di sisi lain, Sarinah juga melakukan transformasi sebagai ruang publik dan ekosistem yang melibatkan komunitas, penyanyi, penari dan pegiat kebudayaan.

"Bagaimana ruang publik ini menjadi sebuah ekosistem. Mereka berbondong-bondong bisa datang dan melihat ini rumah kita. Jadi ada produknya, ada komunitasnya," kata Erick.

Pusat perbelanjaan Sarinah yang berlokasi di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat telah beroperasi kembali pada 21 Maret 2022. Tercatat ada 500 UMKM yang menjajakan barang dagangannya di lokasi tersebut.

PT Department Store Indonesia yang merupakan cikal bakal Sarinah berdiri pada 17 Agustus 1962. Sarinah digagas oleh Presiden Soekarno setelah peresmian Hotel Indonesia pada 5 Agustus 1962.

Baca juga: Presiden Jokowi kenang momen "naik turun" eskalator Sarinah

Baca juga: Erick Thohir: Sarinah jadi panggung produk UMKM

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan wajah baru Sarinah

Baca juga: Erick Thohir ungkap rencana pembangunan Sarinah mini di bandara

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022