Mamuju (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan mempromosikan sarung tenun sekomandi Sulawesi Barat ke luar negeri dalam rangka mempromosikan budaya Indonesia.

"Sarung tenung sekomandi adalah salah satu hasil kebudayaan tertua di dunia, berumur ribuan tahun yang mesti tetap dikembangkan sebagai kekayaan budaya bangsa," kata Menparekraf Sandiaga Uno pada acara Manakarra Fair Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, melalui program Gernas BBI di luar negeri, sarung tenun sekomandi juga akan dipromosikan dan diperkenalkan di luar negeri.

Diharapkan sekomandi terkenal di dunia sebagai aset budaya yang kini terus dikembangkan masyarakat

Ia mengaku bangga karena sekomandi tetap dikembangkan masyarakat Sulbar sebagai salah satu ekonomi kreatif untuk meningkatkan kesejahteraannya.

"Di tengah ekonomi yang terpuruk masyarakat tetap mampu menghasilkan produk ekonomi kreatif di antaranya sekomandi untuk meningkatkan kesejahteraannya, ini membanggakan sekali," katanya.

Baca juga: Sandiaga motivasi pelaku usaha ekraf pasarkan produk secara digital

Menurut dia, pemerintah pusat juga akan tetap siap berkolaborasi dengan Pemerintah Sulbar dalam mengembangkan dan memajukan ekonomi kreatif.

Selain itu ia juga mengatakan, pemerintah akan membangun kolaborasi dengan dunia usaha dengan dukungan teknologi yang akan disiapkan nantinya untuk membangun ekonomi Sulbar.

"Saya optimis dengan kolaborasi yang baik, ekonomi kreatif yang ada dapat ditingkatkan, dan nantinya akan dibuat event lebih besar lagi di Sulbar selain Manakarra Fair ini," katanya.

Ia mengakui, jika Sulbar daerah yang memiliki potensi ekonomi dengan dukungan sumber daya alam yang melimpah yang akan mampu meningkatkan ekonomi daerahnya dengan mengangkat ekonomi kreatifnya.

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik juga mengatakan, Manakarra Fair dan Gernas GBI yang dilaksanakan di Sulbar untuk menunjukkan bahwa Sulbar bisa menjadi pendorong ekonomi Indonesia.

"Sulbar bukan daerah kecil karena bisa membuat program nasional dengan menghadirkan kekayaan budaya yang dapat memajukan ekonomi bangsa," katanya.


Baca juga: Kemenperin umumkan lima IKM pemenang Gernas BBI Lagawi Fest

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022