Jakarta (ANTARA) - Data pemesanan Agoda dikumpulkan dari Mei hingga Agustus tahun ini menunjukkan bahwa wisatawan Indonesia menunjukkan preferensi yang kuat untuk tujuan perjalanan ke Asia Tenggara, yaitu Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Selain tiga negara di Asia Tenggara itu, negara lain yang diikuti Amerika Serikat dan Perancis termasuk dalam daftar lima destinasi teratas bagi wisatawan Indonesia.

Menurut Agoda, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling antusias untuk berwisata. Data pemesanan perjalanan dengan tujuan internasional terjadi seiring dengan pelonggaran pembatasan COVID-19, meningkatnya frekuensi penerbangan, dan keinginan untuk bepergian ke luar negeri.

CEO Agoda Omri Morgenshtern mengatakan pihaknya memandang bahwa perjalanan internasional mulai kembali tahun ini di seluruh dunia. Hal tersebut, kata Omri, menunjukkan bahwa orang-orang telah menantikan untuk bepergian lagi secara internasional dalam dua tahun terakhir.

“Wisatawan memanfaatkan liburan sebaik-baiknya dan tertarik mengunjungi destinasi domestik dan internasional di kawasan Asia,” kata Omri melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Secara global, Bangkok, Thailand, menempati destinasi wisata teratas di Asia Pasifik untuk liburan musim panas 2022. Dengan pelonggaran pada hampir semua aturan perjalanan, kota sibuk ini telah menyambut musim liburan yang menawarkan kehidupan malam, pantai, kuil, budaya, dan kuliner.

Selain Bangkok, kota-kota lainnya di Asia Pasifik yang menempati lima destinasi wisata teratas berturut-turut antara lain Pulau Jeju, Korea Selatan; Kuala Lumpur, Malaysia; Tokyo, Jepang; dan Seoul, Korea Selatan.

Bali, Indonesia, berada di peringkat ketujuh dalam daftar 10 besar destinasi global wisatawan dari seluruh dunia. Dikenal sebagai tanah para dewa, Bali memiliki daya tarik melalui keindahan alam gunung berapi yang menjulang, sawah terasering subur yang memancarkan kedamaian, serta surganya para peselancar.

Kawasan di bagian timur Indonesia itu memiliki pesona dari tarian yang eksotis dan upacara penuh warna, seni dan kerajinan, hingga resor pantai mewah dan kehidupan malam yang mengasyikkan. Keindahan lainnya di Bali termasuk kuil berukiran rumit yang bisa ditemukan hampir di seluruh penjuru tempat.

Baca juga: Enam destinasi seru yang wajib dikunjungi di Indonesia

Baca juga: Selain Bali, ini destinasi favorit liburan

Baca juga: Empat destinasi wisata Belitung yang akan dikunjungi delegasi G20

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022