Jakarta (ANTARA) - Album mini (EP) kedua dari aespa, “Girls”, memecahkan rekor penjualan album girl grup untuk minggu pertama yang tertinggi dalam sejarah industri K-pop, menurut keterangan agensi grup itu pada Kamis (14/7) waktu setempat.

SM Entertainment mengatakan album tersebut memecahkan rekor dengan menjual lebih dari 1,42 juta kopi pada minggu pertama perilisannya Jumat lalu, mengutip data dari tangga lagu K-pop Circle Chart.

Dikutip dari Yonhap, Jumat, sejumlah boy grup seperti BTS, Seventeen, NCT, dan Enhypen, serta penyanyi trot Lim Young-woong telah menjual lebih dari satu juta kopi dengan album mereka di minggu pertama perilisan.

Namun, ini menandai pertama kalinya dalam sejarah K-pop bahwa sebuah album oleh girl grup telah mencapai tonggak sejarah di minggu pertama.

Pelacak penjualan album Korea Hanteo Chart juga mengatakan EP kedua aespa itu telah mengumpulkan penjualan lebih dari satu juta kopi pada Kamis (14/7). Sementara angka penjualan mingguan terakhir belum dirilis.

Rekor penjualan album girl grup pada minggu pertama sebelumnya dipegang oleh BLACKPINK. Pada Oktober 2020, album penuh pertamanya "The Album" terjual 680.000 kopi.

Sebagai informasi, angka penjualan album pada minggu pertama dianggap sebagai standar penting untuk mengukur popularitas artis atau ukuran fandom dalam industri musik.

Album mini "Girls" terdiri dari sembilan lagu, termasuk judul lagu dengan nama yang sama serta versi bahasa Inggris dan Korea dari "Life's Too Short", single berbahasa Inggris pertama aespa yang dirilis pada 24 Juni 2022.

Lagu-lagu lain yang termasuk dalam album mini itu termasuk tiga lagu baru "Illusion", "Lingo", dan "ICU", serta lagu hits aespa sebelumnya yaitu "Black Mamba", "Forever", dan "Dreams Come True".

Baca juga: Album "Proof" BTS bertahan di Billboard 200 selama empat minggu

Baca juga: THE BOYZ sukses guncang panggung "The B-Zone" di Jakarta

Baca juga: J-Hope ungkap daftar lagu untuk album solo pertamanya

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022