O-Ranger Mawar itu kami create Agustus dan launching November 2021. Kenapa idenya perempuan? Karena kami berharap terjadi engagement lebih baik, akhirnya membuat fundamental bisnis jadi oke
Jakarta (ANTARA) - Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Siti Choiriana mengatakan kehadiran perempuan yang tergabung dalam layanan kurir O-Ranger Mawar menjadi sumber kekuatan baru bagi Pos Indonesia.

"O-Ranger Mawar itu kami create Agustus dan launching November 2021. Kenapa idenya perempuan? Karena kami berharap terjadi engagement lebih baik, akhirnya membuat fundamental bisnis jadi oke," kata Choiriana di Jakarta Jumat.
​​​​​​
Pos Indonesia mengklaim layanan kurir perempuan O-Ranger Mawar telah ada sebanyak 1.700 orang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, Jayapura di Papua juga sudah ada banyak kurir perempuan O-Ranger Mawar.

Choiriana menargetkan pihaknya dapat mencetak 5.000 kurir perempuan hingga akhir tahun ini dan mencapai 10.000 orang yang tergabung dalam layanan O-Ranger Mawar Pos Indonesia pada awal tahun depan.

Menurutnya, kurir perempuan Pos Indonesia merupakan inovasi layanan terbaru dari perseroan pada segmen ritel untuk meningkatkan layanan pada platform PosAja! sekaligus menepis anggapan publik bahwa pekerjaan kurir hanya bisa dilakukan oleh laki-laki saja.

"Padahal kami memahami pasar tidak begitu. Indonesia memiliki 64 juta UMKM, sebanyak 52 persen adalah perempuan yang related dengan produk-produk perempuan mulai dari fesyen, make up, hingga makanan," kata Choiriana.

Sejak dibentuk sebelas bulan lalu, layanan kurir perempuan O-Ranger Mawar kian memperkuat denyut bisnis Pos Indonesia lantaran kinerja mereka tiga kali lipat lebih tinggi ketimbang O-Ranger reguler yang diisi oleh kurir laki-laki.

Pos Indonesia memberikan profit sharing sebesar 10 persen dengan penghasilan rata-rata mereka di atas upah minimum regional atau UMR.

"Bahkan ada anggota O-Ranger Mawar di Jepara, Jawa Tengah yang meraih profit hingga Rp18 juta sebulan. Artinya, dia ambil dan kirim barang bisa mencapai Rp180 juta," ungkap Choiriana.

O-Ranger Mawar hadir untuk memberikan pelayanan prima kepada konsumen. Filosofi mawar mengartikan melayani dengan penuh kehangatan, keikhlasan, serta komitmen kuat melayani konsumen dengan sepenuh hati.

Pos Indonesia menegaskan visi O-Ranger Mawar adalah pemberdayaan perempuan Indonesia, terutama bagi mereka yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi atau membutuhkan pekerjaan karena baru lulus sekolah.

Dengan memahami bisnis UMKM yang berdampingan erat dengan perempuan, maka layanan O-Ranger Mawar menjadi upaya perseroan untuk mengembangkan produk lokal dan jumlah UMKM di Indonesia, karena tidak sedikit anggota O-Ranger Mawar yang berhasil membangun UMKM setelah mereka mendapatkan ilmu dan belajar selama menjadi kurir.

"Kalau yang melakukan pickup dan pengirim adalah perempuan, maka engagement akan luar biasa karena terjalin komunikasi yang baik dengan pengguna jasa layanan kami. Hal ini akan meningkatkan indeks kepuasan pelanggan," pungkas Choiriana.

Baca juga: Pos Indonesia berdayakan perempuan melalui layanan O-Ranger Mawar
Baca juga: Transformasi digital jadi roda pendorong bisnis Pos Indonesia
Baca juga: Pos Indonesia gandeng pesantren kembangkan O-Ranger Santri

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022