Kendari (ANTARA) - Polri menjaring bibit atlet Judo melalui kejuaraan Kapolri Tahun 2022 yang diselenggarakan selama tiga hari yakni 15-17 Juli 2022 di Gedung Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kepala Biro Perawatan Personel (Karo Watpres) SSDM Polri Brigjen Pol Anwar di Kendari, Jumat mengatakan pelaksanaan kejuaraan judo Bhayangkara Piala Kapolri Tahun 2022 dilaksanakan sebagai bentuk dukungan Polri dalam pengembangan bela diri judo di Indonesia.

"Di samping sebagai sarana pengembangan bakat dan minat personel Polri, hal ini juga merupakan media untuk menjaring bibit atlet Judoka Polri yang diharapkan dapat mengharumkan nama institusi Polri melalui event pada tingkat daerah, nasional maupun internasional," katanya.

Baca juga: KOI siap perbanyak wasit dan juri Indonesia di SEA Games

Menurutnya, peningkatan prestasi olahraga khususnya cabang judo di Indonesia perlu atensi dan perhatian bagi semua pihak terkhusus bagi institusi Polri yang telah menjadikan cabang olahraga Judo sebagai pengetahuan dasar dan pokok beladiri Polri.

Anwar mengatakan, Polri terus memberikan kontribusi nyata dengan memberikan ruang dalam pengembangan bela diri judo bagi personel Polri sejak di lembaga pendidikan hingga di lingkungan satuan wilayah.

"Alhamdulillah para Judoka Kapolri terus menorehkan prestasi yang membanggakan kesatuan institusi dan negara di berbagai event dan kejuaraan judo baik di tingkat nasional dan internasional," katanya pula.

​​​​​​
Suasana pembukaan kejuaraan Kapolri Tahun 2022 yang diselenggarakan selama tiga hari yakni 15-17 Juli 2022 di Gedung Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (15/7/2022) (ANTARA/Harianto)


Baca juga: Iksan Apriyadi raih emas pertama judo SEA Games Vietnam

Ia menyebut, pertandingan tersebut diikuti sekitar 200 judoka dari 24 Polda se-Indonesia dan lima satuan kerja Polri. Dalam kejuaraan ini terdapat dua peserta yang telah menorehkan prestasi di kancah internasional pada judo di SEA Games.

"Di antara rekan-rekan ini ada yang sudah berprestasi tingkat internasional. Saya ikutkan di sini tujuan saya adalah bisa memberikan motivasi bagi rekan-rekan yang masih belum berkontribusi sampai tingkat internasional dan bagi yang bersangkutan akan terpacu bahwa dia harus mempertahankan prestasinya," ucap dia.

Dia menambahkan, kejuaraan judo Bhayangkara Piala Kapolri 2022 yang diselenggarakan diharapkan mampu memberikan gambaran dan evaluasi sejauh mana pembinaan yang telah dilukan kepada para judoka di kesatuan.

"Saya mengajak kepada para kontingen untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam meraih prestasi," kata Anwar.

Para judoka akan bertanding di dua kategori pertama kategori perorangan dengan kelas putra -60 kg, kelas putra -66 kg, kelas putra -73 kg, kelas putra -81 kg, kelas putra +81 kg (bebas), kelas putri -52, kelas putri -57kg, kelas putri -63 kg, kelas putri +70 kg (bebas).

Kedua, pada kategori beregu campuran kelas putra -60 kg, kelas putra -73 kg, kelas putra +81 kg, kelas putri -52 kg, kelas putri -63 kg, dan kelas putri -70 kg.

Baca juga: Pasangan judo Endro/Kevin gagal sumbang medali

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022