Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Tokopedia kembali menghadirkan konferensi teknologi tahunan START Summit pada Sabtu (16/7) pukul 09.00-16.15 WIB secara gratis dan terbuka untuk umum.

Baca juga: GoSend rilis layanan GoSend Car bareng Tokopedia demi dorong UMKM

Konferensi bertemakan "Driving Innovation at Scale" ini dapat diakses daring melalui kanal video streaming Tokopedia Play, Official YouTube Tokopedia dan Inside Tokopedia, serta laman Tokopedia Academy. .

"Lewat konferensi ini, Tokopedia akan berbagi cerita dan pengalaman mendorong inovasi dalam skala besar untuk menjawab berbagai tantangan, khususnya pandemi," kata Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia Leontinus Alpha Edison dalam jumpa pers daring, Jumat.

Puluhan pembicara ahli termasuk Leontinus, CTO Tokopedia Herman Widjaja, COO Tokopedia Melissa Siska Juminto, SVP of Data Protection and Privacy Office Tokopedia Leny Suwardi, akan memaparkan cerita di balik inovasi Tokopedia.

Baca juga: Nilai transaksi pembayaran pajak di Tokopedia naik tiga kali lipat

Adapu inovasi tersebut adalah yang berkaitan dengan Core Engineering, Data, Infrastructure and Productivity, Front-End, serta Security/Data Protection and Privacy Office/Risk.

"Kami percaya, dibutuhkan talenta terbaik untuk menciptakan produk dan layanan terbaik, yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat, maka Tokopedia fokus mengembangkan talenta digital melalui berbagai upaya, salah satunya START Summit," kata Leontinus.

Lebih lanjut, START Summit bertujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas talenta digital Indonesia serta memajukan industri teknologi nasional agar semakin mampu bersaing di kancah global.

Upaya ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah memenuhi kebutuhan akan 9 juta talenta digital dan mencapai target 113 juta talenta digital pada tahun 2030.

START Summit 2022 dapat diakses masyarakat dengan melakukan registrasi melalui situs Tokopedia Academy.

Tokopedia Academy telah menyelenggarakan sederet program lainnya, seperti START Women in Tech; START CX First Summit; hingga Tokopedia Goes to Campus dan masih banyak lagi.

Selain itu, Tokopedia Academy juga bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui SIBERKREASI, mengadakan Tokopedia NextGen.

Ada pula program Magang Bersertifikat dan Hackathon DevCamp berkolaborasi dengan Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek RI.


Baca juga: Kiat menjaga data pribadi di akun e-commerce

Baca juga: Pengamat: Penjualan lintas negara di e-dagang asing harus diatur

Baca juga: GoTo Financial fokuskan solusi bagi UMKM demi dorong ekonomi digital

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022