Jakarta (ANTARA) - Timnas Vietnam U-19 menempati peringkat ketiga Piala AFF U-19 setelah menekuk Thailand melalui adu tendangan penalti 5-3 setelah bermain imbang 1-1 pada waktu normal di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat.

Pada pertandingan ini, Thailand sempat unggul lebih dulu pada babak pertama melalui Sitha Boonlha, sedangkan Vietnam membalas pada babak kedua berkat Nguyen Quoc Viet.

Vietnam mengamankan tempat ketiga untuk ketiga kalinya setelah sebelumnya pernah mereka raih pada Piala AFF U-19 tahun 2009 dan 2016.

Pada babak pertama, Vietnam mengambi inisiatif menyerang terlebih dahulu dan pada 15 menit pertama, mereka mampu mendominasi pertandingan, namun belum ada ancaman berarti ke gawang Thailand.

Thailand hampir membobol gawang Vietnam terlebih dahulu, namun tendangan dari Phanthamit Praphanth masih membentur tiang kanan gawang.

Pasukan Salvador Garcia berhasil unggul lebih dulu melalui tendangan gelandang Sitha Boonlha memanfaatkan kemelut di kotak penalti Vietnam sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Pada sisa waktu babak pertama, Vietnam berusaha untuk menyamakan kedudukan, namun hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Thailand tetap bertahan.

Baca juga: Malaysia ke final Piala AFF U-19 setelah kalahkan Vietnam 3-0
Baca juga: Laos U-19 segel tempat di partai final setelah tekuk Thailand 2-0


Pada babak kedua, Vietnam kembali berusaha menyamakan kedudukan, salah satunya melalui tendangan keras dari gelandang Nguyen Anh Tu dan masih bisa ditepis oleh kiper Thailand Chommphat Boonloet.

Gol penyeimbang yang dicari oleh Vietnam akhirnya lahir pada menit 52 melalui penyerang Nguyen Quoc Viet yang melewati lini pertahanan Thailand sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Pada sisa waktu babak kedua, kedua tim saling melancarkan serangan untuk mencari gol kemenangan, namun tidak ada yang membuahkan hasil sehingga skor 1-1 tetap bertahan dan laga harus dilanjutkan ke adu penalti.

Vietnam mampu mengamankan tempat ketiga Piala AFF U-19 2022 setelah memenangkan adu penalti dengan skor 5-3 setelah penendang ketiga Thailand Chanapach Buaphan gagal melaksanakan tugasnya.

Baca juga: PSSI kirim nota protes kepada AFF soal laga Thailand versus Vietnam
Baca juga: Shin sentil regulasi dan laga Thailand-Vietnam usai gagal di AFF U-19

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022