Sebagai pemimpin, mereka harus mempunyai rasa memiliki.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin serah terima jabatan empat perwira tinggi (pati) TNI AD yang akan menduduki jabatan strategis, di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat.

Adapun empat jabatan yang diserahterimakan tersebut, sebagaimana dikutip dalam siaran tertulis Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad), yaitu Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) dari Letjen TNI Rudianto kepada Mayjen TNI Richard TH Tampubolon, Pangdam XVI/Pattimura dari Mayjen TNI Richard TH Tampubolon kepada Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, Pangdam VI/Mulawarman dari Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso kepada Mayjen TNI Tri Budi Utamo, dan Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) dari Brigjen TNI Terry Tresna Purnama kepada Kolonel Infanteri Jajat Sudrajat.

Dalam sambutannya, Kasad Dudung menyampaikan kepada empat perwira TNI AD tersebut bahwa sebagai pemimpin, mereka harus mempunyai rasa memiliki.

Rasa memiliki itu, kata dia, akan muncul apabila seorang pemimpin memiliki rasa persaudaraan, kebersamaan, dan rasa saling mengerti penderitaan terhadap bawahan di manapun mereka bertugas dan berada.

"Kita harus merasakan itu. Kita juga sebagai pimpinan pernah merasakan itu. Nah, rasa ini setiap saat harus dirasakan, sehingga akan muncul rasa memiliki antara pimpinan dengan bawahan di mana pun berada dan bertugas," kata Dudung.

Dia juga mengucapkan selamat kepada para pejabat baru di lingkungan TNI AD itu.

Menurut Dudung, jabatan-jabatan itu merupakan suatu kehormatan, sehingga para pengembannya tidak boleh merasa ragu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan.

Kemudian kepada pejabat lama, Dudung selaku pimpinan tertinggi TNI AD juga mengucapkan terima kasih atas tugas dan tanggung jawab mereka yang telah dilaksanakan dengan baik. Ia lalu berpesan agar pejabat lama tersebut tetap menjaga nama baik TNI AD.

Selain dihadiri oleh Kasad Dudung, acara serah terima jabatan ini dihadiri pula oleh Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasad, Pangkostrad, Dankodiklatad, Danpuspomad, Danpusterad, Danpussenif Kodiklatad, Kepala RSPAD, para asisten Kasad, serta Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana.
Baca juga: Kasad tegaskan daftar TNI AD tidak bayar
Baca juga: Kasad kunjungi rumah prajurit yang meninggal dalam latihan menembak

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022