tidak sampai menimbulkan korban jiwa
Ambon (ANTARA) - Kapal Motor Artha Mina Utama 11 mengalami musibah kebakaran di sekitar kolam bandar Pelabuhan Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku pada Jumat sekitar pukul 12.00 WIT.

"Namun musibah yang menimpa kapal penangkap ikan ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa," kata petugas KSOP UPP Klas III Dobo, Wellem Papilaya yang dihubungi dari Ambon, Jumat malam.

Seluruh awak kapal berjumlah 28 orang dinyatakan selamat setelah regu penyelamat dari berbagai unsur SAR gabungan bersama aparat kepolisian dengan dibantu warga melakukan upaya penyelamatan dan evakuasi.

Baca juga: Polisi sebut tidak ada unsur kesengajaan peristiwa terbakarnya KM LPI
Baca juga: 25 ABK KM Lautan Papua Indah yang terbakar di Probolinggo selamat

Menurut dia, penyebab kebakaran kapal penangkap ikan tersebut belum diketahui pasti, namun ada informasi yang beredar kalau asap knalpot dari KM. Artha Mina Utama mengenai jaring dan akhirnya terbakar.

"Informasi sementara yang kami dengar seperti itu, tetapi untuk yang pastinya penyebab kebakaran belum diketahui," ujar Wellem.

Kapal penangkap ikan ini berasal dari Jakarta, tetapi area penangkapan ikannya ada di Kepulauan Aru.

"Seluruh awak kapal termasuk nahkodanya telah dievakuasi ke Pelabuhan Yos Sudarso Dobo," ucapnya.

Baca juga: Kapal nelayan di perairan Paiton Probolinggo terbakar
Baca juga: Satu orang meninggal dunia dalam kebakaran kapal di perairan Karimun
Sebuah kapal penangkap ikan asal Jakarta terbakar di kolam bandar Pelabuhan Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku namun seluru kru kapalnya dinyatakan selamat, Jumat (15/7/2022). ANTARA/HO-Polres Kepulauan Aru

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022