Jakarta (ANTARA) - Pelatih Bali United FC Stefano Cugurra yang akrab disapa Teco tengah bersiap kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan pelatihan lisensi A Pro yang dijalaninya di negara asalnya, Brazil.

Teco ingin kembali mendampingi langsung anak asuhnya berlatih mempersiapkan diri menjelang Liga 1 yang akan mempertemukan Serdadu Tridatu dengan Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada 23 Juli mendatang.

"Saya baru selesai mengikuti kursus lisensi A Pro. Kami dari peserta lisensi punya banyak kelas dengan pelatih dari Brasil dan pelatih dari Portugal," kata Teco, dikutip dari laman resmi klub, Jumat.

Baca juga: Pelatih Bali United lanjut selesaikan lisensi kepelatihan di Brazil

Teco absen cukup lama mendampingi latihan tim Serdadu Tridatu, yakni sejak Bali United memulai agenda latihan perdana pada Senin (4/7) lalu.

Selama Teco menjalani program lisensi kepelatihannya, seluruh persiapan Bali United jelang Liga 1 2022/2023 sementara diambil alih sementara oleh tim pelatih lainnya, yakni Antonio Claudio, Yogie Nugraha, Muhammad Rasyid, Marcelo Pires, dan Kadek Wardana.

Pelatih berusia 47 tahun itu pun membagikan pengalamannya selama menjalani kursus terakhirnya ini yang programnya cukup panjang.

Teco menceritakan ada banyak rekan pelatih asal Brazil dan Portugal yang mengikuti kursus bersamanya.

Baca juga: Bali United pastikan Teco terus kawal latihan meski jauh

Selain mendapatkan banyak ilmu, Teco senang bisa berjumpa dengan kompatriotnya sehingga merasa bersemangat mengikuti seluruh kelas pelatihan lisensi itu.

Dari sesama rekan pelatih, Teco mendapat banyak ilmu baru dari pengajaran maupun pengalaman yang pasti sangat berguna untuk memperdalam taktik bertanding serta gaya bermainnya.

Pelatih pemilik tiga gelar juara Liga 1 itu pun siap menerapkan semua ilmu yang didapatkannya bersama Bali United dalam mengarungi kompetisi musim ini.

"Pasti setiap pelatih di kelas membagikan pengalaman, ilmu, dan juga pelatihan dari mereka. Semuanya baru bagi saya agar lebih bagus untuk ke depannya," pungkas Teco.

Baca juga: Teco: Kegagalan di Piala AFC kian kuatkan Bali United

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022