Jakarta (ANTARA) - Wuling Motors terus mempromosikan kendaraan listrik terbaru mereka yakni Wuling Air EV. Setelah memperkenalkan tampilan eksterior pada awal bulan lalu, kini giliran desain interior yang diperlihatkan dari kendaraan mini tersebut.

Tampilan interior Wuling Air EV mengusung teknologi "Intelligent Tech Dashboard" yang merangkum ragam fitur dan teknologi pada mobil listrik yang akan diproduksi di pabrik Wuling Cikarang, Jawa Barat itu.

Kesan futuristik terasa saat pertama kali masuk ke dalam kabin Wuling Air EV. Dua layar berukuran besar yang terpampang di atas dashboard langsung menyita perhatian.

Wuling menyebut dua layar tersebut sebagai Integrated Floating Wide Screen, terdiri head unit berdimensi 10,25 inci serta meter cluster berukuran 10,25 inci.

Baca juga: Tampilan "Intelligent Tech Dashboard" Wuling Air EV

Baca juga: Rayakan lima tahun di Indonesia, Wuling umumkan pemesanan Air EV
 
Tampilan interior Wuling Air EV yang diabadikan di Wuling Center Pondok Indah, Jakarta, Rabu (13/7/2022) (ANTARA/Fathur Rochman)



Pada layar meter cluster menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan saat berkendara, seperti kecepatan, daya tempuh, kapasitas baterai, posisi gear, mode berkendara hingga efisiensi baterai.

Sementara layar head unit menawarkan entertainment system yang sudah dilengkapi dengan konektivitas internet sehingga pengguna bisa mengakses beragam hiburan.

Layar head unit tersebut juga bisa digunakan untuk mengatur AC, menampilkan navigasi, hingga menyajikan informasi seputar energi dari Wuling Air EV.

Pada bagian bawah layar head unit terdapat tiga kenop putar untuk pengaturan AC serta tombol mode berkendara yang terdiri dari mode eco, normal, dan sport.

Terdapat pula cup holder yang terletak di depan kisi-kisi AC, sehingga bisa menjaga suhu dingin minuman penumpang dalam perjalanan.

Konsep modern dan futuristik terus berlanjut pada bagian konsol tengah Wuling Air EV. Terdapat Rotary Gear Selector sebagai pengoperasi transmisi dengan knop putar yang dihiasi chrome ring.

Baca juga: Wuling kenalkan mobil keluarga Jia Chen yang mirip Cortez

Baca juga: Kupas tuntas desain global dan platform GSEV milik Wuling EV
 
Tampilan interior Wuling Air EV yang diabadikan di Wuling Center Pondok Indah, Jakarta, Rabu (13/7/2022) (ANTARA/Fathur Rochman)

Konsol tengah tersebut juga dilengkapi tombol pengoperasian jendela elektrik, Electric Parking Brake, dan Auto-Vehicle Holding.

Beralih ke roda kemudi. Wuling Air EV tampil dengan model setir dua palang berlapis kulit, di mana terdapat logo Wuling berwarna silver di bagian tengah yang dilengkapi tombol pengoperasian audio dan pengaturan menu pada sisi kanan dan kiri.
Tampilan interior Wuling Air EV yang diabadikan di Wuling Center Pondok Indah, Jakarta, Rabu (13/7/2022) (ANTARA/Fathur Rochman)

Interior kabin Wuling Air EV didominasi material fabric. Namun tetap terdapat material plastik yang tersemat di sejumlah titik seperti pada dashboard dan trim pintu. Sementara untuk kursi menggunakan material kulit sintetis.

Meski memiliki dimensi yang kecil, yakni panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm, namun ruang kabin yang dihadirkan tergolong lapang.

Konfigurasi empat kursi yang tersedia dirasa lega, ditambah pengaturan 50:50 di kursi baris kedua yang dapat dilipat sehingga memberi ruang lebih untuk bagasi.

ANTARA merasakan posisi duduk yang nyaman saat berada di kursi baris pertama. Posisi kursi dapat dimaju mundurkan serta sandaran kursi juga dapat diatur tingkat kerebahannya.
 
Tampilan interior Wuling Air EV yang diabadikan di Wuling Center Pondok Indah, Jakarta, Rabu (13/7/2022) (ANTARA/Fathur Rochman)
Tampilan interior Wuling Air EV yang diabadikan di Wuling Center Pondok Indah, Jakarta, Rabu (13/7/2022) (ANTARA/Fathur Rochman)


Begitu pula saat duduk di kursi baris kedua. Dengan tinggi 170 kg dan berat 81 kg, Antara tidak merasa sempit saat duduk di kursi belakang. Masih terdapat jarak sekitar tiga jari antara lutut dan kursi depan. Jarak antara kepala dan atap mobil juga masih memadai.

Wuling Air EV sudah terkoneksi dengan internet sehingga dapat dikontrol melalui aplikasi di gawai. Selain itu mobil ini juga sudah mendukung perintah suara dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Wuling Air EV akan dibekali baterai yang mudah digunakan karena bisa di-charge di rumah dengan waktu wajar. Untuk sekali pengisian daya mobil bisa menempuh daya hingga ratusan kilometer (200-300 km).

Terkait keamanan baterai yang merupakan sumber daya untuk penggerak pada mobil berplatform Global Small Electric Vehicles (GSEV) ini, baterai di Wuling Air EV dijamin keamanannya untuk penggunaan di berbagai kondisi jalan.

Wuling Air EV sudah bisa dipesan melalui tiga pilihan cara. Pertama di diler resmi Wuling, online via Wuling.id, atau exclusive e-commerce partner, Blibli.com.

Adapun harga perkiraan untuk wilayah Jakarta antara lain, Wuling Air EV Standard Range Rp250.000.000 dan Air EV Long Range Rp300.000.000.

Baca juga: Wuling EV tampil di "showcase" KBL dan peresmian SPKLU DPSP Brobobudur

Baca juga: Bocoran keunggulan Wuling EV yang akan dijual di Indonesia tahun ini

Baca juga: Sebanyak 300 unit Wuling EV akan digunakan selama KTT G20
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022