Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan Jumat waktu setempat bahwa pihaknya akan memberikan medali emas yang sudah menjadi hak atlet Amerika Serikat Jim Thorpe setelah atlet ini mendapatkan dua medali emas pada 1912 yang kemudian dicabut itu.

IOC mengatakan "selanjutnya akan menampilkan nama Jim Thorpe sebagai satu-satunya peraih medali emas pancalomba dan dasalomba Olimpiade Stockholm 1912. Perubahan ini terjadi bertepatan dengan peringatan 110 tahun medali Thorpe dalam dasalomba."

Medali Thorpe dilucuti pada 1913 setelah media massa AS mengungkapkan bahwa sang atlet sebelumnya pemain profesional sepak bola Amerika dan bisbol.

Persatuan Atletik Amatir (AAU) yang menjadi pendahulu Komite Olimpiade Amerika Serikat, memutuskan Thorpe yang penduduk asli Amerika dan anggota Sac and Fox, telah melanggar aturan keamatiran.

Baca juga: Damian Warner pecahkan rekor dan rebut emas dasalomba Olimpade Tokyo

Hugo K. Wieslander dari Swedia lalu dinyatakan sebagai peraih medali emas dasalomba dan Ferdinand Bie dari Norwegia peraih medali emas pancalomba.

Pada 1983, 30 tahun setelah Thorpe meninggal dunia, IOC memberikan replika medali emas kepada keluarganya setelah memulihkan dia sebagai atlet amatir dan menyatakan berdasarkan aturan IOC, diskualifikasi medali seharusnya berlangsung dalam waktu 30 hari saja.

Sebuah kelompok lobi, Bright Path Strong, yang dinamai dari nama asli Thorpe dari bahasa Indian, Wa-Tho-Huk atau Bright Path ( Jalan Cerah), berusaha memulihkan secara penuh hak sang atlet.

Mereka menghubungi asosiasi Olimpiade Swedia dan Norwegia, yang keduanya menjawab Thorpe harus dinyatakan sebagai satu-satunya peraih medali emas.

Anggota keluarga Wieslander yang masih hidup juga menegaskan atlet Swedia itu "tidak pernah menerima medali emas Olimpiade yang diberikan kepadanya, dan selalu berpendapat Thorpe adalah satu-satunya peraih medali emas Olimpiade yang sah," kata IOC seperti dikutip Reuters.

IOC mengatakan bahwa selain "nama Thorpe saat ini akan ditampilkan sebagai satu-satunya peraih medali emas pancalomba dan dasalomba", perak diberikan kepada Bie dan Wieslander, medali lain yang sudah diberikan tidak akan dicabut.

Atlet Amerika James Donahue dan atlet Kanada Frank Lukeman tetap memperoleh perak dan perunggu pancalomba yang diberikan kepada mereka pada 1913. Dua atlet Swedia, Charles Lomberg dan Gosta Holmer, tetap berhak atas perak dan perunggu dasalomba.

Raja Gustav V mempersembahkan medali ni untuk Thorpe. Sang raja berkata kepada dia, "Tuan, Anda atlet terhebat di dunia."

Thorpe bermain di National Football League sampai usia 41 tahun. Dia adalah presiden pertama American Professional Football Association yang menjadi cikal bakal NFL. Dia juga masuk Hall of Fame NFL.

Dia juga bermain di liga bisbol Major League Baseball dan juga bagian dari sebuah tim basket.

Baca juga: Terbukti doping, medali emas Olimpiade 2012 atlet Rusia dicabut

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022