Jakarta (ANTARA) - PT Jalin Pembayaran Nusantara dan PT Mandiri Taspen mendukung digitalisasi perbankan nasional dalam upaya memperluas dan memudahkan akses layanan keuangan seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Hal tersebut mendorong inovasi yang ditawarkan pelaku jasa perbankan untuk mendukung rencana Pemerintah dalam mencapai target inklusi keuangan sebesar 90 persen di tahun 2024.

“Kami mendukung industri perbankan maupun fintech dalam menghadirkan kemudahan transaksi keuangan bagi seluruh nasabahnya lewat infrastruktur sistem pembayaran yang robust dan prudent," kata Direktur Utama Jalin Boyke Yurista dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Dalam gelaran Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 yang diselenggarakan di Bali sejak 11-15 Juli 2022, Jalin dan Bank Mandiri Taspen juga sepakat mengembangkan layanan baru terkait produk layanan digital seperti layanan integrasi issuer untuk pembayaran lewat Jalin Payment Integrator, tarik tunai tanpa kartu, dan layanan directory server untuk pemrosesan transaksi kartu Gerakan Pembayaran Nasional/GPN di merchant online menggunakan teknologi 3D secure (Jalin Verifi3D) yang dituangkan dalam bentuk Nota Kesepahaman (MoU).

Boyke Yurista menyatakan bahwa Jalin memberikan dorongan kepada industri dengan menjalin sinergi di dalam ekosistem finansial dan non-finansial untuk mewujudkan inklusi keuangan. Sebagai lembaga Penyelenggara Sistem Infrastruktur Pembayaran (PIP), Jalin juga memberikan dukungan kepada seluruh anggota agar berfokus dalam memberikan layanan kepada seluruh nasabahnya.

Direktur Bisnis Bank Mandiri Taspen Maswar Purnama juga mengapresiasi dukungan Jalin terhadap rencana besar Bank Mandiri Taspen dalam memberikan solusi layanan perbankan digital kepada nasabah existing dan potensial kedepannya.

“Bank Mandiri Taspen melihat sinergi perusahaan merah putih ini sebagai potensi yang menjadi daya dorong Perseroan untuk menjadi penyedia layanan produk digital serta kesiapan beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital di dalam dunia perbankan," kata Maswar.

Sebelumnya, Bank Mandiri Taspen sudah tergabung sebagai anggota Jalin untuk mengakomodir layanan transaksi di mesin ATM maupun melalui kartu debit di mesin EDC merchant yang terafiliasi oleh Himpunan Bank Milik Negara/Himbara. Saat ini, Bank Mandiri Taspen juga tengah mengembangkan layanan mobile banking dengan fitur transaksi melalui QRIS dengan didukung Jalin sebagai lembaga PIP terpercaya saat ini.

Baca juga: Jalin-Bank DKI jajaki kerja sama layanan digital

Baca juga: PT Jalin komitmen perkuat sistem digitalisasi Bank Pembangunan Daerah

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022