Jakarta (ANTARA) -
Tim nasional Yordania menutup penampilan mereka di fase penyisihan Grup A Piala FIBA Asia 2022 dengan mengalahkan Arab Saudi 74-64 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu.
 
Arab Saudi dipastikan gagal keluar dari fase grup, sedangkan peringkat akhir Yordania baru akan ditentukan laga pemungkas Grup A antara Australia melawan Indonesia yang dimainkan lebih larut.
 
Apabila Australia mengalahkan Indonesia, maka Yordania bakal menempati posisi runner-up Grup A dan bakal bertemu tim peringkat ketiga Grup B untuk berebut satu tiket perempat final.
 
Sedangkan jika Indonesia mengalahkan Australia maka keduanya bakal memiliki total poin yang sama dengan Yordania yakni lima. Pemeringkatan bakal ditentukan oleh selisih total angka dalam pertemuan head-to-head kedua tim.

Baca juga: Ringkasan Piala FIBA Asia: Australia dan Korsel rebut puncak klasemen
 
Yordania saat ini memiliki selisih angka head-to-head defisit sembilan poin, Australia surplus 18 poin, dan Indonesia defisit sembilan poin.
 
Center Ahmad Al Dwairi menjadi penyumbang angka terbanyak kemenangan Yordania atas Arab Saudi dengan 16 poin, diikuti 15 poin milik Ahmad Alhamarsheh, serta masing-masing 10 poin dari Sami Bzai dan Amin Abu Hawwas.
 
Sementara bagi Arab Saudi Khalid M Abdel Gabar mengemas 19 poin dan Mathna Almarwani menambahkan 15 poin.
 
Arab Saudi sempat mengawali pertandingan dengan baik dan memimpin 9-4 lewat tiga tembakan tripoin beruntun. Marjin itu bahkan bisa melebar hingga 19-6 ketika Thamer Mahmoud A Mohammed melesakkan jump shot pada sisa waktu tiga menit 45 detik.

Baca juga: Ringkasan Piala FIBA Asia: Lebanon susul Korsel ke perempat final
 
Akan tetapi selisih dua digit itu tak bertahan lama, sebab Yordania mengemas rentetan poin 13-2 untuk memangkas jarak 19-21 saat menutup kuarter pertama.
 
Delapan poin pertama kuarter kedua secara alot dikantungi oleh Yordania yang berbalik merebut keunggulan 27-21.
 
Sejak itu Yordania hanya "mengizinkan" Arab Saudi mencetak tujuh poin sepanjang sisa periode kedua, sementara mereka menambahkan 12 poin lagi untuk menyudahi paruh pertama dengan keunggulan 28-39.
 
Yordania tampil lebih prima di kuarter ketiga dengan mendulang 20 poin tambahan demi memperlebar marjin keunggulan atas Arab Saudi menjadi 59-43.
 
Empat poin tambahan di awal kuarter keempat membawa Yordania merasakan selisih keunggulan terbesar atas Arab Saudi sepanjang laga dalam kedudukan 63-43.
 
Namun Yordania seperti mengendurkan kaki mereka dari pedal gas di sisa waktu yang ada, hanya cukup untuk memastikan kemenangan tak tergelincir dari tangan kala menyudahi pertandingan dengan skor 74-64 atas Arab Saudi.

Baca juga: Indonesia ambil sisi positif seusai kalah dari Yordania

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022