Jakarta (ANTARA) - China mempertahankan statusnya sebagai produsen kapal terkemuka di dunia pada paruh pertama tahun ini, dengan pangsa pasarnya menempati peringkat pertama secara global dalam segi produksi, pesanan baru, dan holding order, menurut data resmi.

Hasil produksi sektor pembuatan kapal China mencapai 18,5 juta tonase bobot mati (deadweight tonnage/dwt) pada periode Januari-Juni 2022, menyumbang 45,2 persen dari total dunia, berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Pesanan pembuatan kapal baru, indikator utama lain dari industri pembuatan kapal, mencapai 22,46 juta dwt dalam enam bulan pertama 2022, mencakup 50,8 persen dari pangsa pasar global.

Hingga akhir Juni, holding order sektor pembuatan kapal China naik 18,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 102,74 juta dwt, dengan pangsa pasar global mencapai 47,8 persen, kata kementerian itu.
 
 
 
Para pekerja melakukan pekerjaan pengelasan di galangan milik sebuah perusahaan pembuatan kapal di Wenling, Provinsi Zhejiang, China timur, pada 24 Juni 2022. (Xinhua/Xu Weijie)
 
Para pekerja merakit mesin kapal di sebuah galangan milik CSSC-MES Diesel Co., Ltd. di Shanghai, China timur, pada 14 Juni 2022. (Xinhua/Jin Liwang)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022