Jakarta (ANTARA) - Suriah memastikan tiket playoff setelah meraih kemenangan atas Kazakhstan dengan skor 77-67 pada laga terakhir Grup C FIBA Asia Cup 2022 di Istora GBK, Senayan, Jakarta, Minggu.

Tampil dengan starter Abdulwahab Alhamwi, Anthouny Bakar, Omar Cheikh Ali, Nadim Issa, dan Isshak Oubeid, Suriah sempat kesulitan pada awal pertandingan.

Bahkan, Suriah tertinggal lebih dulu 16-26 dari Kazakhstan yang menurunkan starter Maxim Marchuk, Oleg Balashov, Anton Bykov, Roman Marchuk, dan Rustam Murzagaliyev.

Baca juga: Jepang enggan larut dalam euforia kemenangan besar atas Suriah

Namun pada kuarter kedua, Suriah bangkit. Pola permainan berubah, hingga sukses mencetak 21 poin. Sedangkan Kazakhstan hanya tujuh angka. Skor pun berbalik menjadi 37-33 untuk Suriah.

Pada kuarter ketiga, pertandingan sempat berlangsung sengit. Namun secara keseluruhan, Suriah mendominasi dengan mencetak 24 poin, meninggalkan Kazakhstan dengan 13 angka. Kuarter ketiga pun berakhir dengan keunggulan Suriah 61-46.

Memasuki kuarter terakhir, Kazakhstan mencoba mengejar ketertinggalan. Tim asuhan Oleg Kiselev tampil lebih ngotot. Hasilnya, mereka mencetak skor lebih banyak 21 angka. Sementara Suriah 16 poin.

Namun hasil tersebut tak mengubah keadaan. Suriah akhirnya menjadi pemenang mengalahkan Kazakhstan dengan skor 77-67.

Baca juga: Giliran Suriah jadi korban Akatsuki Five di FIBA Asia Cup 2022

Dalam pertandingan kali ini, Omar Cheikh Ali berkontribusi besar atas kemenangan Suriah dengan menyumbang 20 poin dan 11 rebound. Kemudian Abdulwahab Alhamwi dan Nadim Issa masing-masing dengan 15 angka.

Dari kubu Kazakhstan, Oleg Balashov mencetatkan skor terbanyak dengan 16 poin, Vladimir Ivanov dengan sembilan angka, serta Maxim Marchuk dan Rustam Murzagaliyev masing-masing delapan poin.

Dengan hasil ini, Suriah pun dipastikan melaju ke playoff setelah menempati posisi ketiga Grup C dengan empat poin, hasil dari satu kemenangan dan dua kali kalah dari Jepang 56-117 dan Iran 67-80.

Sedangkan Kazakhstan tersingkir setelah menempati dasar klasemen Grup C tanpa kemenangan satu pun.

Baca juga: Iran atasi perlawanan Suriah 80-67 di Grup C Piala FIBA Asia

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022