Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia berharap Dana Moneter Internasional (IMF) bisa terus mendukung kepemimpinan Indonesia di G20.

Hal tersebut disampaikan Menko Airlangga Hartarto usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima Managing Director IMF Kristalina Georgieva, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu.

"Indonesia berharap IMF bisa terus mendukung kepemimpinan Indonesia di dalam G20 nanti, dan Indonesia juga berharap bahwa emerging country dan narasi dari IMF tetap positif tentang indonesia," kata Menko Airlangga

Menko Airlangga menyampaikan Indonesia sangat mengkhawatirkan kondisi inflasi yang meningkat di berbagai negara, di mana tingkat suku bunga di berbagai negara akan memasuki rezim baru yaitu kenaikan tingkat suku bunga global.

Baca juga: IMF: Kedalaman pasar valas penentu optimalnya nilai tukar saat gejolak

Menurutnya, hal itu sangat mempengaruhi investasi yang dibutuhkan oleh Indonesia.

Lebih jauh Menko Airlangga mengatakan bahwa dalam pertemuan dengan Managing Director IMF, Presiden juga menyampaikan kondisi perekonomian nasional yang jauh lebih baik dibandingkan negara-negara lain.

Presiden juga menyampaikan bahwa penanganan COVID-19 di Tanah Air berjalan baik, di mana pemberian vaksin dosis pertama sudah lebih dari 90 persen, dan dosis kedua lebih dari 80 persen.

"Ini membuat Indonesia resiliance terhadap pandemi COVID-19," jelas Menko Airlangga.

Baca juga: IMF harap kepemimpinan RI di G20 mampu bantu negara lain hadapi krisis
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022