Kemenangan ini sangat penting. Kami membuktikan datang ke sini untuk melakukan sesuatu dan kami adalah satu dari 12 tim terbaik di Asia
Jakarta (ANTARA) - Shooting Guard tim bola basket Suriah Nadim Issa mengatakan kemenangan atas Kazakhstan dengan skor 77-67 dalam laga terakhir Grup C FIBA Asia Cup 2022 di Istora GBK, Senayan, Jakarta, Minggu, memiliki makna mendalam.

Pebasket 32 tahun itu mengungkapkan kemenangan perdana tersebut juga tak lepas dari motivasi tinggi setelah menelan dua kekalahan secara beruntun pada pertandingan sebelumnya masing-masing melawan Iran dengan skor 67-80 dan Jepang dengan 56-117.

"Kekalahan dari Jepang dengan selisih 61 poin sangat menyakitkan. Kami mendapat kritik. Tapi, kami terus berjuang dan melakukan yang terbaik pada pertandingan terakhir (Grup C) ini," kata Nadim Issa usai pertandingan.

Dia juga mengakui bahwa skuad Suriah tampil kurang meyakinkan pada awal laga melawan Kazakhstan. Namun setelah itu kembali fokus dan meraih kemenangan untuk memastikan lolos playoff untuk mendapatkan tiket perempat final.

Pada pertandingan kali ini, Suriah sempat tertinggal pada kuarter pertama dengan skor 16-26 sebelum akhirnya membalikkan keadaan pada kuarter selanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Nadim Issa juga mengungkapkan perjuangan Suriah untuk bisa bersaing di FIBA Asia Cup 2022 cukup berat.

"Kami nyaris batal mengikuti ajang ini. Kemenangan ini sangat penting. Kami membuktikan datang ke sini untuk melakukan sesuatu dan kami adalah satu dari 12 tim terbaik di Asia. Kami pantas mendapatkannya. Kami tampil dengan 11 pemain," ujar Nadim Issa.

Baca juga: Suriah pastikan tiket playoff setelah menang atas Kazakhstan

"Kami percaya dengan tujuan kami di sini. Berjuang untuk mendapatkan kesempatan terakhir ini. Sekarang kami akan fokus menatap pertandingan berikutnya," katanya menambahkan.

Sementara sang pelatih Javier Juarez mengatakan kemenangan ini memotivasi anak asuhnya untuk bisa melangkah ke perempat final.

"Kami berjuang bersama di sini. Kemenangan ini adalah hal yang menyenangkan dan kami akan menatap pertandingan selanjutnya," katanya.

Suriah mengakhiri babak penyisihan Grup C dengan berada di posisi ketiga. Mereka akan melakoni laga playoff melawan runner-up Grup D antara Selandia Baru dan Filipina.

Baca juga: Indonesia siap tampil mati-matian lawan China demi tiket delapan besar
Baca juga: Lebanon tutup penyisihan Grup D dengan kemenangan telak atas India

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022